06 March 2020, 15:25 WIB

Pemprov DKI Siapkan SOP Khusus Penyelenggaraan Acara


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera menyiapkan edaran berisi standar operasional prosedur (SOP) atau petunjuk teknis terkait penyelenggaraan-penyelenggaraan acara seperti konser dan sejenisnya di ibu kota. SOP ini dibuat khusus guna mengantisipasi penularan virus korona.

"SOP baru selesai kita buat kemarin. Nanti Pak Gubernur akan tanda tangan. Nah, ini sedang didiskusikan dengan Biro Hukum apakah bentuknya instruksi gubernur atau peraturan gubernur supaya nanti cukup mengikat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Cucu Ahmad Kurnia saat dihubungi Jumat (6/3).

Dalam penyelenggaraan izin nantinya akan dikategorikan mana saja acara yang bisa diselenggarakan serta tidak bisa diselenggarakan.
Kategori risiko tinggi dan rendah juga diatur dalam formula ini.

Baca juga: 4 WNI Positif Korona dari Diamond Princess Dinyatakan Sembuh

Menurut Cucu, Pemprov DKI akan mengacu pada petunjuk WHO untuk memberikan izin. Mislanya penyelenggara minimal menyediakan ruang 1 meter persegi bagi satu orang pengunjung yang hadir.

"Kalau konser berdiri misalnya itu kan agak padat. Misalnya 500 orang yang datang, maka areanya harus 500 meter persegi. Kalau di area seluas itu orangnya lebih banyak bisa dikategorikan sangat padat dan bisa kita batalkan," jelas Cucu.

Di samping itu Cucu menyebut hingga saat ini belum ada acara yang resmi ditangguhkan. "Jika ada acara yang mundur atau batal, hal itu merupakan keputusan dari penyelenggara," tandasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT