06 March 2020, 14:12 WIB

Empat Suspect Korona Kelompok Dansa di Jakarta Jalani Tes Lab


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

PEMERINTAH mengumumkan empat orang suspect korona diduga positif terkena virus tersebut. Keempatnya diyakini memiliki riwayat kontak dengan pasien korona kasus 1 dan kasus 2 pada kelompok dansa di Jakarta yang kini masih dirawat di RSPI Sulianti Saroso.

"Saat ini sedang kita observasi di rumah sakit untuk empat orang yang kita duga kuat suspect positif. Kita yakini ada kontak dekat apalagi dari empat orang ini ada tanda-tanda influenza sedang," ungkap Juru Bicara Nasional Kasus Covid-19 Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/3).

Yurianto mengatakan saat ini telah diambil spesimen dari empat suspect tersebut untuk diuji di laboratorium demi memastikan apakah keempat suspek tersebut negatif atau positif terkena Covid-19. Hasilnya akan didapat sore ini.

"Hasil pemeriksaan laboratorium diharapkan nanti sore sudah datang karena bersamaan dengan hasil pemeriksaan di hari kelima untuk Kasus 1 dan Kasus 2 yang diharapkan sore ini juga sudah selesai," imbuhnya.

Kasus 1 dan kasus 2 merupakan warga Depok yang tertular korona dari warga negara Jepang di sebuah kelompok dansa di Jakarta. Empat suspect baru tersebut menurut pelacakan memiliki riwayat kontak dengan kasus 1 lantaran pernah berada di tempat yang sama yakni di kelompok dansa tersebut.

Kementerian Kesehatan menyebutkan kasus 1 dan kasus 2 sebagai kasus klaster Jakarta. Yurianto mengatakan kementerian kini tengah menelusuri pihak-pihak yang memiliki kontak lanjutan dengan empat suspect baru tersebut. Diduga, keempatnya memiliki kelompok dansa (subklaster kasus) selain kelompok Kasus 1.

"Sedang kita lacak, ada 10 orang yang sudah menghubungi kami dari klaster dan subklaster. Mereka membuat janji untuk pemeriksaan meski tidak ada keluhan (kesehatan) dari mereka," kata Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan itu. (Dhk/OL-09)

BERITA TERKAIT