06 March 2020, 14:01 WIB

Indeks Kerawanan Pemilu Karawang Peringkat 16


Cikwan Suwandi | Nusantara

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, Miftah Farid mengakui Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dirilis Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI sebagai peringatan dini. Sebelumnya, Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Bawaslu menyatakan Kabupaten Karawang berada menduduki posisi teratas dari 8 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada di Jawa Barat. Di Indonesia IKP Karawang menempati posisi 16 teratas dari 270 kabupaten/kota dan tiga teratas di Pulau Jawa.

"IKP ini sebagai early warning kita. Sebagai peringatan kita akan melakukan upaya, supaya pemilu Karawang ini tetap aman," kata Miftah kepada Media Indonesia, Jumat (6/3).

Miftah menjelaskan peringatan dari Bawaslu tersebut dinilainya positif. Hasil penilain IKPÂ menjadi perhatian yang serius dari Muspida Karawang.

Lanjut Miftah, langkah antisipasi kerawanan KPU Karawang menurutnya meminta jajarannya bekerja sesuai aturan dan menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilu.

"Terobosannya adalah beberapa waktu lalu saat menggelar orientasi PPK. Kita mengundang Kejaksaan dan Kepolisian untuk mensosialisasikan kepada mereka tentang pengawasan mereka dalam pemilu," katanya.

baca juga: Terkait Covid-19, Jateng Siap Bangun Laboratorium

Sehingga, para PPK bahkan hingga tingkat PPS mengetahui jika dalam pelaksanaan Pilkada diawasi oleh Kejaksaan dan Kepolisian.

"Tidak ada main-main harus sesuai aturan. Dan mereka mengetahui diawasi," pungkasnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT