06 March 2020, 13:40 WIB

Temanggung Siapkan Langkah Antisipasi Covid-19


Tosiani | Nusantara

PEMKAB Temanggung, Jawa Tengah telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi terkait penyebaran virus Covid-19. Antara lain dengan mengumpulkan para dokter dan direktur rumah sakit (RS) yang ada di wilayah itu untuk membahas perihal virus korona.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan pemkab telah menggelar rapat khusus untuk membahas, menyusun langkah antisipasi terkait potensi penyebaran virus Covid-19 di daerah itu.

"Saya sudah mengumpulkan, mengundang rapat kepala dinas kesehatan, dirut RSUD dan beberapa dokter senior, dokter-dokter penyakit infeksi, sudah dirapatkan dan sudah berkoordinasi dengan mereka," kata Khadziq, Jumat (6/3).

Kendati demikian, Khadziq berharap tidak ada warganya yang terserang korona. Ia juga mengimbau warganya agar tetap tenang, tidak panik, namun tetap waspada dan banyak berdoa menyikapi penyebaran virus Covid-19. Ia juga meminta semua pihak tidak mudah terpengaruh berita yang tidak jelas terkait hal itu.

"Saya mengimbau semua masyarakat Temanggung untuk tetap tenang, tidak ikut panik. Kita berharap semoga virus ini tidak sampai ke Kabupaten Temanggung dan banyaklah berdoa," katanya.

baca juga: Waspada Covid-19, Kapal Dilayani setelah Bebas Karantina

Jika nantinya ada warganya yang terkena penyakit itu, menurut Khadziq, pemkab sudah menyiapkan obat-obatan, sumber daya manusia (SDM), standar operasional prosedur, dan sistem dalam kerja. Warga yang terkena virus akan ditempatkan ke ruang isolasi. Sesuai ketentuan Pemprov Jateng untuk wilayah eks-Karesidenan Kedu ruang isolasi untuk
pasien Covid-19 berada di RS Tidar Magelang. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT