06 March 2020, 13:30 WIB

Balas Kematian 2 Tentaranya, Turki Sebut Tewaskan 21 Tentara Suri


Nur Aivanni | Internasional

Militer Turki telah menewaskan 21 tentara Suriah setelah dua tentara Turki tewas di Idlib sebelumnya, kata kantor berita negara pada Jumat (6/3), mengutip Kementerian Pertahanan Turki.

Pada Kamis (5/3), dua tentara Turki tewas dan tiga lainnya terluka. Ini terjadi setelah pasukan pemerintah Suriah melepaskan tembakan di kota Idlib, barat laut Suriah.

Dikutip dari The Guardian, Jumat (6/3), pernyataan dari kementerian pada Jumat pagi juga mengatakan bahwa mereka menghancurkan dua artileri dan dua peluncur rudal.

Itu terjadi beberapa jam setelah Turki menyetujui gencatan senjata di wilayah itu dengan Rusia setelah berminggu-minggu terjadi serangan mematikan antara pasukan militer kedua negara di wilayah yang dilanda perang.

Baca juga: Delegasi Turki ke Rusia Bahas Krisis Politik Suriah

Kesepakatan gencatan senjata yang disepakati antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Kremlin pada Kamis (5/3) mulai berlaku pada Jumat dini hari di Idlib.

Kedua negara berada di pihak berlawanan dalam konflik di Suriah. Rusia berjuang untuk pemerintah Suriah Bashar al-Assad, sementara Turki mendukung pejuang anti-pemerintah. Akibatnya Rusia dan Suriah menuduh Turki mendukung "teroris".

Ketegangan di sepanjang perbatasan Turki dengan Yunani juga meningkat pada Kamis lalu. Saat itu, Ankara mengerahkan pasukan polisi khusus ke daerah di mana ribuan pengungsi berkumpul dan berupaya untuk menyeberang ke Uni Eropa.

Delegasi dari Uni Eropa sudah mengunjungi daerah itu dan memperingatkan Turki untuk tidak mengizinkan para pengungsi melintasi perbatasan tersebut. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT