06 March 2020, 11:17 WIB

Cegah Korona, Pelindo 1 Perketat Pengawasan Pelabuhan


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau  Pelindo 1 terus meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan terhadap pencegahan penyebaran Virus Korona (COVID-19) di seluruh pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Indonesia. Baik domestik maupun internasional yang sejalan dengan arahan Pemerintah dalam Surat Edaran Kementerian BUMN dengan Nomor SE-1/MBU/03/2020 tentang kewaspadaan terhadap penyebaran Corona Virus Disease.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1 M. Eriansyah mengatakan berbagai upaya pencegahan penyebaran Virus Korona telah dilakukan Pelindo 1 sejak awal 2020.

"Pelindo 1 turut aktif dalam melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Korona di lingkungan Pelindo 1 baik itu untuk awak kapal, penumpang, pegawai, dan juga melalui media sosial untuk masyarakat umum. Pelindo 1 terus mendukung pemerintah dalam upaya penanganan dan pencegahan wabah korona," kata Eriansyah, Jumat (6/3).

Tak hanya itu, lanjutnya, Pelindo 1 juga melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus untuk seluruh penumpang, awak kapal, dan seluruh pegawai serta stakeholders terkait di lingkungan Pelindo 1.

Dijelaskannya, upaya pengawasan yang dilakukan Pelindo 1 dilakukan sejak kapal akan bersandar di pelabuhan dengan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani setelah berstatus bebas karantina.

Upaya ini diterapkan di seluruh pelabuhan milik Pelindo 1 yang meliputi provinsi Aceh, Sumatra Utara, Riau, dan Kepulauan Riau yang melayani bongkar muat cargo domestik maupun internasional terutama dari negara asal cargo (impor) yang terdampak virus korona.

Untuk area terminal penumpang, telah dipasang thermal scanner untuk pemeriksaan suhu tubuh para penumpang di seluruh terminal penumpang yang meliputi Terminal Penumpang Tanjungpinang, Belawan, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Dumai. Para penumpang yang turun dari kapal langsung dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Pelindo 1 memasang papan informasi yang berisi tentang bahaya virus korona serta cara pencegahannya, menyediakan hand sanitizer serta membagikan masker kepada para penumpang. Pelindo 1 terus berkoordinasi dengan KKP dan dinas kesehatan setempat, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan dan Kantor Syahbandar serta sejumlah instansi terkait lainnya dalam pengawasan dan pencegahan penyebaran virus korona.

baca juga: Warga Cemas Berlebihan Hadapi Virus Korona

Eriansyah menambahkan, Pelindo 1 mewajibkan seluruh petugas operasional dan para pandu untuk selalu menggunakan masker khusus,  Alat Pelindung Diri (APD), kaca mata, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya. Selain itu, Pelindo 1 juga melakukan sosialisasi antisipasi penyebaran Virus Korona kepada para pegawai di seluruh cabang Pelindo 1. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT