05 March 2020, 21:54 WIB

Cegah Korona, Sejumlah Bus TransJakarta Dilengkapi Hand Sanitizer


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MENCEGAH penyebaran virus korona Covid-19, PT. TransJakarta mulai menyediakan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer di armada bus low entry.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT. TransJakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan, saat ini sudah ada tiga rute koridor yang telah dilengkapi Hand Sanitizer yaitu 1R (Senen – Tanah Abang), 1N (Tanah Abang – Blok M) dan 5F (Kampung Melayu – Tanah Abang).

Manajemen TransJakarta juga terus menambah intensitas kegiatan pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 hingga ke dalam interior bus.

Saat ini sudah ada 50 unit bus low entry pijakan rendah non-koridor yang telah dipasangi hand sanitizer dan akan terus menyusul untuk pemasangan di bus lainnya.

"Tidak ketinggalan manajemen TransJakarta juga memberikan hand sanitizer di beberapa armada Mikrotrans serta pemberian masker kepada pengemudi Mikrotrans tersebut begitu juga dengan armada TransJakarta Cares juga telah dilengkapi Hand Sanitizer," ujar Nadia.

Baca juga : Cegah Korona, Pengukuran Suhu Tubuh akan Dilakukan di Pintu Pasar

Sebelumnya langkah antisipasi telah dilakukan dengan memasang hand sanitizer di 80 halte TransJakarta. PT Transjakarta saat ini lebih intensif melakukan tindakan preventif hingga penanganan pencucian dan pembersihan interior bus menggunakan Disinfektan.

Langkah lainnya yang dilakukan di dalam bus ialah memastikan petugas khusus TransJakarta untuk selalu membersihkan handgrip (Pegangan bus).

Pembersihan ini dilakukan saat bus akan berangkat dari depo dan akan dibersihkan pada saat penurunan pelanggan di halte-halte akhir TransJakarta.

"Perseroan juga telah menyiagakan petugas Covid dan berkordinasi dengan tim penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Pemprov DKI," tegas Nadia.

Manajemen Transjakarta di hari ketiga terus gencar melakukan segala kesiapan untuk lebih diperluas lagi untuk tindakan preventif dan kami berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melihat perkembangan yang terjadi agar pelanggan dapat tetap menggunakan layanan TransJakarta dengan tetap nyaman.

"kami imbau kepada pelanggan untuk selalu tetap menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan terutama di tempat umum, membiasakan mencuci tangan," tutupnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT