05 March 2020, 22:20 WIB

Risiko Virus Korona Bisa Masuk Pertanggungan Asuransi


Raja Suhud | Ekonomi

 

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyebutkan polis asuransi kesehatan menanggung risiko terkait virus Korona (Covid-19) asalkan pemerintah tidak mengategorikan wabah itu dalam kondisi pandemik.
 
"Kami mengimbau kepada seluruh tertanggung atau pemegang polis asuransi kesehatan untuk memeriksa polis,"kata Ketua AAUI Dadang Sukresna dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (5/3).
 
Menurut dia, selain memeriksa polis, pihaknya juga mengimbau nasabah asuransi untuk bertanya kepada perusahaan penerbit polis asuransi, terkait dengan risiko penyakit yang dijamin.
 
Hal itu, kata dia, dikarenakan polis asuransi mencantumkan manfaat yang bisa jadi berbeda-beda dari setiap perusahaan asuransi.
 
Dadang juga meminta seluruh perusahaan asuransi menyampaikan informasi preventif dalam upaya pencegahan virus Covid-19 kepada seluruh karyawan maupun tertanggung atau pemegang polis melalui media sosial atau platform yang dimiliki oleh setiap perusahaan.
 
AAUI, lanjut dia, juga mengapresiasi keputusan pemerintah yang menanggung seluruh biaya pengobatan masyarakat yang menjadi suspect dan menderita Covid-19 berlaku pada pasien yang dirujuk ke rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah. (Ant/ E-1)

BERITA TERKAIT