05 March 2020, 21:00 WIB

Jelang Piala Dunia U20 Stadion Jakabaring Bebenah


Dwi Apriani | Olahraga

KOTA Palembang, Sumatra Selatan menjadi salah satu calon tuan rumah Piala Dunia U20 di 2021 nanti. Menjelang itu, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan sudah mempersiapkan anggaran dana sebesar Rp12 miliar untuk melakukan renovasi stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) dan Stadion Bumi Sriwijaya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumsel Basyaruddin Akhmad mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan fasilitas perencanaan awal di stadion GSJ sebesar Rp6 miliar dan selebihnya di Bumi Sriwijaya dan venue lain sebagai pendukung. "Dana Rp12 miliar itu dana yang dianggarkan dari APBD Sumsel untuk perbaiki fasilitas stadion menghadapi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021, kata Basyaruddin.

Saat ini pihaknya telah menunjuk perencanaan lelang kepada pihak konsultan untuk melakukan identifikasi kebutuhan fasilitas apa saja yang masih kurang dan harus diperbaiki di Stadion GSJ dan Bumi Sriwijaya.

Jika nantinya dari hasil identifikasi perbaikan dua stadion tersebut membutuhkan dana yang lebih besar lagi, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meminta bantuan dana perbaikan.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan Sumsel sudah memiliki modal besar untuk turut ambil alih dalam event sepak bola yang diikuti seluruh negara di dunia tersebut. Terlebih, Sumsel juga telah berpengalaman menjadi tuan rumah perhelatan olahraga internasional.

"Sumsel tentu siap dan saya yakin akan terpilih. Mungkin untuk memperpaiki sarana prasarana semua provinsi bisa, tapi yang tidak bisa ditiru provinsi lain adalah pengalaman Sumsel yang beberapa kali sukses menggelar event olahraga nasional maupun internasional seperti PON, Sea Games, Asian Games dan event lainnya," kata Deru.

Soal infrastruktur, dia juga mengatakan, sudah tidak diragukan lagi dan memang bertaraf internasional serta siap digunakan untuk event-event besar. "Jika pun nanti ada yang perlu diperbaiki, tentu kami akan mengalokasikan dana guna mencukupi apa yang disyaratkan. Saya pastikan lagi jika Sumsel siap untuk menjadi tuan rumah," tandasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT