05 March 2020, 19:16 WIB

Kim Jong-un Kirim Surat ke Korsel Dukung Perangi Covid-19


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PEMIMPIN Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, mengirim surat pribadi kepada Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in untuk menyatakan dukungannya kepada Seoul dalam mengatasi wabah virus korona baru, kata Kantor Kepresidenan Korsel, Kamis (5/3).

Dalam surat itu, disampaikan kepada Moon pada Rabu (4/3), Kim mengekspresikan simpati untuk perjuangan Korsel dan berharap kesehatan mereka baik, menurut Yoon Do-han, sekretaris senior Rumah Biru untuk komunikasi publik.

"Pemimpin Korut mengatakan dia akan mendukung perang Korea Selatan melawan Covid-19 dan menunjukkan persahabatan dan kepercayaannya yang konstan terhadap Moon," kata Yoon, seraya menambahkan Kim menyatakan keprihatinannya tentang kesehatan Moon.

Sebagai imbalannya, Moon mengirim surat kepada pemimpin seteru Korsel itu, menyatakan rasa terima kasihnya.

Kim juga mengungkapkan pikirannya yang ‘terus terang’ tentang situasi di Semenanjung Korea, tetapi Rumah Biru (Kantor Kepreisdenan Korsel)  tidak menjelaskan lebih lanjut.

Pertukaran surat yang jarang terjadi kedua pemimpin terjadi ketika Korsel telah melaporkan 6.088 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi sejak wabah dimulai pada 20 Januari.

Korut belum melaporkan adanya infeksi yang dikonfirmasi, tetapi Pyongyang telah meningkatkan upaya pencegahan dengan memperketat perbatasannya dengan Tiongkok, tempat virus itu berasal, dan memperkuat prosedur karantina untuk orang asing.

Surat Kim datang hanya sehari setelah Kim Yo-jong, saudara perempuan sang pemimpin Korea Utara, mengeluarkan pernyataan yang jarang terjadi, Selasa, yang mengutuk Korsel karena menyuarakan ‘keprihatinan kuat’ tentang latihan artileri roket terbaru di negaranya. (Yonhap/Hym/OL-09)

BERITA TERKAIT