05 March 2020, 19:13 WIB

Eko Yuli Bidik Rekor Dunia di Olimpiade Tokyo 2020


Akmal Fauzi | Olahraga

LIFTER putra Indonesia, Eko Yuli Irawan, berambisi pecahkan rekor dunia total angkatan di Olimpiade Tokyo 2020, demi memuluskan langkahnya meraih medali emas.

Total angkatan terbaik Eko saat ini, yaitu 310 kilogram (kg). Capain itu diperoleh saat dirinya mendapatkan emas pada Kejuaraan Internasional Piala Fajr di Rasht, Iran, pada awal Februari.

“Inginnya saya itu total angkatan 325 kilogaram dengan snatch 148 kg dan clean and jerk 180 kg,” kata Eko dalam acara exclusive interview di Crossfit 6221 Jakarta, Kamis (5/3).

Baca juga: Jelang Olimpiade, Eko Yuli Nilai Kemenpora Kurang Beri Perhatian

Saat ini, rekor tertinggi diraih lifter asal Tiongkok, Li Fabin, dengan total angkatan 318 kg. Sebagai informasi, Eko akan turun di kelas 61 kg dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Eko mengungkapkan persiapan menuju Olimpiade sudah mencapai 90%. Dirinya akan memaksimalkan waktu tersisa untuk meningkatkan teknik dan kekuatan otot. Menurut Eko, peta persaingan terberat di Olimpiade Tokyo berasal dari lifter tuan rumah dan Tiongkok.

“Setiap bulan, saya target latihan minimal naik 5 kg,” pungkasnya.

Oleh karena itu, Eko menjadi atlet pertama yang mendapat dukungan dari perusahan jasa keuangan multinasional, Visa, berharap pesta olahraga akbar itu berjalan sesuai jadwal. Meski, dunia sedang dihantui wabah virus korona (COVID-19).

Baca juga: Eko Yuli Tegaskan Tekad Tampil di Olimpiade 2020

Head of Corporate Communications PT Visa Worldwide Indonesia, Widyananto Sutanto, mengatakan pihaknya merangkul Eko karena memperhatikan prestasi dan level dunia yang telah diraihnya. Cabang olahraga angkat besi dinilai sebagai hal yang seksi lantaran mengedepankan kekuatan dan teknik atlet.

"Sebagai official partner resmi Olimpiade Tokyo 2020, Visa berkewajiban merangkul dan mendukung para atlet di seluruh dunia, agar prestasinya semakin membaik dari sebelumnya,” jelas Widyananto.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT