05 March 2020, 19:11 WIB

PD Pasar Jaya Siap Lepas 1 Juta Masker


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

SEBANYAK 1 juta lembar masker yang disiapkan oleh PD Pasar Jaya untuk dijual ke masyarakat. Mereka bekerja sama dengan himpunan pedagang farmasi Pasar Pramuka.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin saat konferensi pers di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (5/3).

Baca juga: Jangan Panik, Harga Masker Rp125 ribu per Boks

"Besok 1 juta masker langsung didrop di gudang kita. Saya terus bekerja sama dengan pedagang Pasar Pramuka untuk tidak berhenti dengan stok sejuta lembar masker. Kami akan tambah lagi dan lagi sampai harga stabil dan terjangkau kepada masyarakat," jelas Arief.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin. (MI/Insi Nantika Jelita)

Arief menyebut, penjualan masker tidak hanya di Pasar Pramuka. Namun, akan disebar juga melalui seluruh toko gerai Pasar Jaya yang tersebar di pasar, kantor wali kota, kecamatan, kelurahan, dan lainnya.

Baca juga: Anies Klaim Angka Kemiskinan di Jakarta Terendah Nasional di 2019

Distribusi penjualan masker, imbuh Arief, bakal dikontrol dengan ketat berdasarkan kuota tiap hari sehingga harganya tidak bisa dimainkan oleh spekulan.

PD Pasar Jaya sudah menyepakati satu boks masker dijual Rp125 ribu dengan harga per lembar masker Rp2.500 dibatasi satu boks per orang.

Sedangkan harga masker yang dijual di gerai milik Pasar Jaya Rp1.950 per lembar dengan pembelian masker dibatasi hanya 2 lembar masker saja.

Baca juga: Mendag: Ada Dugaan PD Pasar Jaya Timbun Masker

Perumda Pasar Jaya juga menyiapkan hand sanitizer di area pasar untuk pengunjung. Hal tersebut diharapkan agar lingkungan pasar tetap bersih dan dapat menjadi salah satu cara mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami mau kasih tahu ke masyarakat kalau masker itu harganya segitu. Nanti mekanismenya, pasar yang menentukan. Ketika memang ada yang menjual lebih mahal, pasti enggak laku," kata Arief.

"Pasar Pramuka ini barometernya kan bukan cuma Jakarta, tapi Indonesia. Jadi kalau Pasar Pramuka turun, Insyaallah bermanfaat dan kita dapat berkah," lanjutnya.

Ketua Himpunan Pedagang Farmasi Pasar Pramuka Edi Haryanto mengungkapkan harga masker yang ditetapkan oleh PD Pasar Jaya sudah disepakati 240 toko.

"Saya kira imbauan itu sudah masif. Pedagang di Pasar Jaya kenal baik dan patuh terhadap arahan paguyuban. Nanti kalau ditemukan (penyelewengan) bakal ada sanksi sosial," tandasnya. (X-15)

 

BERITA TERKAIT