05 March 2020, 18:38 WIB

DPR Nilai Sekolah Belum Perlu Diliburkan Terkait Korona


Rifaldi Putra Irianto | Humaniora

WAKIL Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan hingga saat ini sekolah-sekolah belum perlu diliburkan sebagai langkah antisipasi virus korona. Hal tersebut dikatakannya menanggapi adanya salah satu sekolah di Jakarta yang diliburkan guna mengatisipasi korona.

"Menurut saya hal yang dilakukan oleh sekolah mungkin belum perlu (libur) karena penanganan di pusat dan Provinsi masing-masing ini sudah mulai berjalan dengan sistem pencegahan," kata Dasco di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (5/3).

Baca juga: Cegah Penimbunan Sembako, Pemerintah Diminta Bentuk Satgas

"Karena katakanlah sekolah diliburkan tapi anak-anak pergi kemana-mana kan bisa terkena juga," imbuhnya.

Ia menyebutkan, hal yang perlu dilakukan oleh pihak sekolah adalah melakukan prosedur tetap pencegahan seperti pengecekan suhu hingga penyedian peralatan medis yang diperlukan untuk meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Yang mungkin dapat dilakukan adalah prosedur tetap sistem pencegahan yang kemudian bisa efektif," sebutnya.

Sementara itu, ia menilai apa yang sudah dilakukan pemerintah saat ini terkait penanganan perkembangan korona sudah cukup baik. 

"Menurut saya langkah pemerintah sudah tepat dan harus terus dimonitor, dan ini harus terus bisa dijalankan dengan baik dan seefektif mungkin tanpa harus terikat dengan birokrasi yang bertele-tele karena penagangannya yang harus cepat," sebutnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT