05 March 2020, 23:05 WIB

Bloomberg Akhirnya Mundur Biden Menyalip Sanders


Nur Aivanni | Internasional

BAKAL calon presiden Partai Demokrat, Joe Biden, meraih kemenangan utama yang memukau atas Bernie Sanders dalam Super Tuesday (3/3). Ia berhasil unggul dalam pemilihan tersebut di 10 dari 14 negara bagian.
Di sisi lain, kandidat Michael Bloomberg pun mengakhiri kampanyenya dan berbaris mendukung Biden dalam nominasi Partai Demokrat.

Bloomberg mengatakan bahwa meski ia meninggalkan pertarungan tersebut, ia tetap berkomitmen untuk mengalahkan Trump. “Saya selalu percaya bahwa mengalahkan Donald Trump dimulai dengan bersatu di belakang kandidat dengan tembakan terbaik untuk melakukannya,” kata Bloomberg, dikutip dari AFP, Rabu (4/3).

“Setelah pemungutan suara kemarin, jelas bahwa kandidat itu adalah teman saya dan seorang Amerika yang hebat, Joe Biden,” ucapnya.

Biden pun menyambut baik dukungan Bloomberg dalam kontes tersebut untuk memperebutkan tiket Demokrat melawan Trump pada November mendatang.

“Saya tidak bisa cukup berterima kasih atas dukunganmu,” cuit Biden dalam akun Twitternya. “Pertarungan ini lebih besar dari kandidat dan lebih besar dari politik,” katanya.

“Ini tentang mengalahkan Donald Trump, dan dengan bantuanmu, kami akan melakukannya,” sambungnya.

Sementara itu, Sanders menyatakan keyakinannya yang berpeluang untuk memenangkan nominasi Demokrat meski ia kecewa dengan penampilannya pada Super Tuesday.

“Saya punya banyak alasan untuk percaya bahwa kita akan memenangkan ini,” kata Sanders.

“Saya sangat yakin bahwa kita kampanye untuk mengalahkan Donald Trump,” ucapnya
Saat ditanyakan mengenai mundurnya mantan walikota New York Bloomberg dari nominasi Demokrat dan dukungannya terhadap Biden, Sanders mengatakan ia memperkirakan ada banyak uang masuk ke kampanye Biden.


Pemilihan pendahuluan

Setelah Super Tuesday, kandidat Demokrat kini mengalihkan perhatian mereka ke pemilihan pendahuluan berikutnya pada 10 Maret di Idaho, Michigan, Mississippi, Missouri, North Dakota dan negara bagian Washington.

Kemenangan mantan Wakil Presiden AS yang berusia 77 tahun itu dalam Super Tuesday tersebut mendapat respons dari Presiden AS Donald Trump. “Itu adalah kemenangan yang hebat untuk Joe Biden,” kata Trump.

Trump mencatat bahwa keputusan dua kandidat, Pete Buttigieg dan Amy Klobuchar, untuk keluar dari pertarungan dan mendukung Biden menggemparkan kampanye-nya yang sebelumnya sulit.

Trump mengkritik kinerja Bloomberg yang lemah, meskipun ia menghabiskan ratusan juta dolar untuk iklan kampanyenya.

“Dia akan mencoba menyelamatkan muka dengan memasukkan sejumlah uang ke dalam kampanye Biden,” kata Trump. “Kita akan lihat apa yang terjadi. Saya tidak berpikir itu akan berdampak,” tambahnya.

Biden meraih kemenangan di Virginia, Texas, North Carolina, Alabama, Oklahoma, Tennessee, Arkansas, Massachusetts, Maine dan bahkan Minnesota - negara bagian di mana Sanders diharapkan akan menang dengan mudah.

Sementara, Sanders menang di negara bagian asalnya, Vermont dan Utah dan tampaknya akan menuju kemenangan di California.

Kekuatan kedua capres cukup berimbang, di mana pertarungan ketat tidak akan selesai sebelum hari terakhir primary 2 Juni. (AFP/I-1)

BERITA TERKAIT