05 March 2020, 18:07 WIB

Cegah Korona, Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu Didisinfeksi


Sumantri | Humaniora

UNTUK mencegah penyebaran virus korona (COVID-19), PT Angkasa Pura II, selaku pengelola bandara, melakukan disinfeksi di Terminal 3 dan skytrain di Bandara Intenasional Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Pelaksanaan disinfeksi dilakukan dengan cara penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah area di Terminal 3 Internasional, termasuk area thermal scanner untuk memantau suhu tubuh para penumpang pesawat.

Selain itu, pembersihan menggunakan cairan disinfektan juga dilakukan di skytrain yang merupakan moda transportasi kareta antar terminal di Bandara Soekarno Hatta.

Menurut VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II, Yado Yarisman, penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan pada Kamis (5/3) sebagai upaya mensterilkan area Bandara Soekarno Hatta dari virus dan bakteri.

Selain di Bandara Soekarno Hatta, tambahnya, penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan di Bandara Internasional Kualanamu, Medan. Disamping melakukan penyemprotan, di bandara itu juga dilakukan pengawasan ketat terhadap seluruh penumpang yang baru tiba dari luar negeri.

Para penumpang itu, katanya harus melalui prosedur yang ditentukan, yaitu pengisian kartu kewaspadaan kesehatan ( health alert carf/HAC) dan Pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal scanner serta thermo gun (alat pendeteksi suhu tubuh).

"Pengetatan pengawasan dilakukan dengan tujuan memproteksi masuknya virus korona. Namun tetap dilakukan dengan memperhatikan aspek pelayanan, keamanan keselamatan dan kenyamanan penumpang," kata Yado.

Dalam kegiatan itu, kata dia PT Angkasa Pura II, juga melibatkan otoriitas bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Balai Karatina, Kepolisian, dan stakeholder lainnya. (SM/OL-09)

BERITA TERKAIT