05 March 2020, 17:51 WIB

Puluhan Anggota Parlemen Turki Terlibat Perkelahian


Baharman | Internasional

PERKELAHIAN massal terjadi di Parleman Turki, setelah oknum anggota parlemen berpidato menuduh Presiden Receo Tayyip Erdogan tidak menghormati tentara Turki yang tewas di Suriah.

Rekaman video dari Brouhaha memperlihatkan, baku hantam sesama anggota parlemen tersebut terjadi, Rabu (4/3), beberapa anggota terlihat naik ke meja melakukan pemukulan, sementara lainnya berusaha untuk melerai.

Bahkan televisi Turki Haberturk menayangkan beberapa legislator jatuh ke lantai dalam ''tarung bebas'' itu.

Seorang legislator dari oposisi Partai Rakyat Republik (CHP), Engin Ozkoc, menyebut Presiden Erdogan "tidak terhormat, tercela, rendah dan berbahaya".

Dia juga menuduh presiden mengirim anak-anak rakyat Turki untuk berperang sementara keturunan Erdogan sendiri diduga menghindari dinas militer jangka panjang.

Ketua Parlemen, Mustafa Sentop, mengutuk pernyataan oleh legislator oposisi.

Sedangkan Presiden Erdogan sebelumnya menyampaikan pidato kepada anggota partainya menuduh oposisi sebagai "tidak terhormat, tercela, rendah dan berbahaya" karena mempertanyakan keterlibatan militer Turki di provinsi barat laut Suriah.

Sementara itu, jaksa meluncurkan penyelidikan terhadap dugaan penghinaan terhadap presiden, lapor kantor berita Anadolu milik negara. (Aljazeera.com/OL-2)

 

BERITA TERKAIT