05 March 2020, 16:36 WIB

Tara Basro Disebut Bisa Langgar UU ITE, Johnny Plate: Kata Siapa?


Nur Azizah | Humaniora

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate tidak menilai foto atris Andi Mutiara Pertiwi Basro atau yang dikenal Tara Basro tanpa mengenakan busana sebagai pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Alasannya, foto pemain film Pengabdi Setan itu bentuk dari kampanye self respect.

"Kata siapa melanggar UU ITE? Enggak lah. Harus dilihat baik-baik, jangan semua itu diametral begitu. Saya udah lihat fotonya. Itu, masih dikategorikan itu bagian dari self respect," kata Johnny di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (5/3).

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. (MI/Pius Erlangga)

Baca juga: Kominfo Pastikan tidak Take Down Foto Tara Basro tanpa Busana

Johnny pun menampik beda pendapat dengan Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu. Menurutnya, berpotensi melanggar bukan berarti telah melanggar.

"Ya kalau dia bilang berpotensi, itu kan hipotesis. Yang dikutip pasalnya. Bunyi pasal 27. Apa pasalnya diterapkan terhadap fotonya Mbak Tara itu, soal lain. Harus dinilai dulu karena seni itu berbeda lihat sisi seninya," jelas dia.

Baca juga: Tara Basro: Gue Cinta Tubuh Gue

Pasal 27 UU ITE membahas soal kesusilaan. Bunyinya, setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

Tara Basro mengunggah foto diri melalui media sosial (medsos) pada Selasa (3/3). Unggahan foto tersebut menyematkan pesan body positivity atau mencintai tubuh sendiri.

Baca juga: Tara Basro Sebarkan Positivisme

Dalam keterangan panjang itu, Tara Basro memaparkan sikapnya yang dulu mengikuti arus saat merebak perbincangan tentang hal jelek tubuh seseorang. Kini, dia mengajak orang lain untuk bersikap positif dan bersyukur. (X-15)

BERITA TERKAIT