05 March 2020, 15:48 WIB

Fraksi NasDem Susun DIM Rancangan Omnibus Law Cipta Kerja


Putra Ananda | Politik dan Hukum

FRAKSI NasDem saat ini sedang menyusun daftar inventarisasi masalah (DIM) draft atau Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja.

Wakil Ketua Badan Legilslasi (Baleg) DPR dari Fraksi NasDem Willy Aditya menuturkan, Omnibus Law Ciptaker nantinya harus mampu membuka lapangan kerja sebanyak mungkin untuk menyerap para angkatan kerja yang berasal dari bonus demografi.

"Mengingat jumlah pengangguran di Indonesia saat ini masih cukup besar," ujar Willy saat dihubungi di Jakarta, Kamis (5/3).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru, jumlah angkatan kerja pada tahun 2019 mencapai 136,18 juta orang. Angka ini naik 2,24 juta orang jika dibanding dengan tahun 2018.

Dari angka tersebut, tingkat pengangguran terbukanya berada di angka 5,28%. Artinya, dari 100 orang angkatan kerja, ada 5 orang yang masih menganggur.

"Ini tidak bisa kita abaikan begitu saja. Apalagi Indonesia tengah mengalami bonus demografi," papar Willy.

Namun demikian Willy juga menandaskan, NasDem menaruh perhatian pada terjaminnya hak-hak pekerja. Dalam pandangannya, mestinya tidak ada yang perlu dipertentangkan antara RUU Cipta Kerja dengan hak-hak pekerja.

"Itulah yang saat ini masih dinventarisir oleh tim dari Fraksi Partai NasDem agar bisa ditemukan formula yang on the track sesuai tujuan, yakni investasi dan lapangan kerja, namun tetap menjunjung prinsip keadilan dan perlindungan," paparnya. (Uta/Ol-09)

BERITA TERKAIT