05 March 2020, 14:40 WIB

Antisipasi Korona, Anies Kumpulkan 190 Pimpinan Rumah Sakit


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengumpulkan 190 pimpinan rumah sakit yang berada di wilayah Ibu kota. Langkah itu sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus korona (COVID-19).

Dalam rapat tersebut, pihaknya mengundang pembicara dari perwakilan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso dan perwakilan dari Kementerian Kesehatan.

"Rapat itu untuk memberikan penjelasan kepada semua pimpinan rumah sakit, agar memiliki pemahaman yang sama, memiliki protokol yang sama. Ketika menemukan kasus (korona) di Jakarta," ujar Anies seusai rapat di Gedung Balai Kota, Kamis (5/4).

Lebih lanjut, Anies mengatakan fasilitas di rumah sakit sudah mumpuni untuk menangani pasien terjangkit virus yang berasal dari Tiongkok.

Baca juga: Tim Tanggap Korona DKI Terima 2.689 Aduan Warga

"Iya (sudah sigap fasilitasnya), justru kenapa seluruh rumah sakit dikumpulkan, supaya memiliki tingkat kesiagaan yang sama. Agar seluruh warga bisa mendapat ketenangan," pungkas Anies.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menginginkan tidak hanya rumah sakit pemerintah saja yang siap menangani kasus korona, namun juga seluruh rumah sakit di Ibu Kota.

"Intinya Pemprov DKI ingin kita benar-benar tanggap. Bukan hanya di jajaran rumah sakit pemerintah atau di puskemas, tapi juga semua rumah sakit di Ibu Kota," katanya.

"Diskusinya tadi lebih teknis medis, karena memang bicaranya soal handling (menangani korona) jika ditemukan (kasus) itu," imbuh Anies.(OL-11)

BERITA TERKAIT