05 March 2020, 13:30 WIB

UMP Gencarkan Kampanye Pencegahan Covid-19


Lilik Darmawan | Nusantara

UNIVERSITAS Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah menggelar kampanye pencegahan virus korona, Kamis (5/3). Beberapa kegiatan yang digelar di antaranya adalah membagi-bagikan masker secara gratis dan edukasi cuci tangan yang benar. Pembagian masker dilaksanakan di pintu keluar gerbang kampus setempat serta di jalan penghubung antara Kota Purwokerto menuju ke Purbalingga.

Masing-masing pengendara sepeda motor dan mobil diberikan masker sebagai bagian dari antisipasi. Sebelumnya, para mahasiswa juga diedukasi bagaimana caranya mencuci tangan secara benar. Wakil Rektor I Jebul Suroso mengatakan bahwa pihaknya merasa terpanggil untuk ikut serta dalam kampanye pencegahan Covid-19.

"Kami berusaha untuk mengedukasi masyarakat. Pada intinya, masyarakat tidak boleh panik, meski harus tetap waspada. Maka yang diperlukan ada meningkatkan pencegahan. Salah satu caranya adalah dengan mencuci tangan secara bersih. Kalau untuk masker, disimpan guna berjaga-jaga. Tetapi jangan bergantung dengan masker, karena penularan bukan melalui udara," ujar Jebul.

Selain itu, kata Jebul, UMP juga telah mengeluarkan instruksi khusus untuk tidak bepergian ke luar negeri.

baca juga: Polres Surakarta Gencar Tangkapi Pengedar Narkoba

"Sesuai dengan Surat Rektor tentang Kewaspadaan Dini Terkait Covid-19, maka seluruh civitas akademika diminta untuk menangguhkan perjalanan ke luar negeri, terutama negar-negara yang terdampak Covid-19. Langkah itu dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus korona," jelasnya.

Jebul mengungkapkan sebetulnya banyak acara-acara ilmiah di luar negeri yang seharusnya diikuti oleh para dosen UMP. Namun, karena kondisi seperti sekarang, maka untuk sementara ditangguhkan terlebih dahulu. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT