05 March 2020, 12:17 WIB

Indonesia Akan Gelar Pertemuan Tokoh Lintas Agama Dunia


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

INDONESIA akan menjadi tuan rumah pertemuan para tokoh lintas agama. Dalam waktu dekat, pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, akan berkunjung ke Tanah Air.

Hal itu diungkapkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, yang mengatakan pertemuan bertujuan membangun moderasi umat beragama. "Indonesia ingin menginisiasi pertemuan tokoh-tokoh agama di duna. Selain Islam, juga Kristen, Katolik, termasuk Paus akan hadir. Berikut tokoh agama lain dari Hindu, Budha, Konghucu dan Yahudi," papar Ma'ruf di Kantor Wakil Presiden, Rabu (5/3) kemarin.

Dia pun menyampaikan keprihatinan terhadap konflik antar umat beragama di India. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri, lanjut dia, menyatakan Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), ingin agar India ikut membangun toleransi, moderasi dalam beragama. Mengingat, India juga dikenal sebagai negara yang majemuk.

Baca juga: Ribuan Warga Lintas Agama Ikut Doakan Wuhan

Menurut Wapres, masalah moderasi beragama menjadi masalah yang dihadapi seluruh agama. Sehingga, moderasi menjadi tanggung jawab dari semua penganut agama, agar bisa menciptakan harmoni dan kerukunan. Oleh karena itu, dialog antar pemimpin dan tokoh agama harus selalu dibangun.

Seperti diberitakan, pemimpin tertinggi Gereja Katolik, sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia awal September 2020. Selain bertemu Presiden Joko Widodo, agenda penting Paus Fransiskus di Indonesia adalah pertemuan dengan berbagai tokoh lintas agama. Paus disebut memiliki kepedulian terhadap persoalan dialog antar agama. Di samping itu, Paus juga akan melakukan lawatan ke Timor Leste dan Papua Nugini.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT