05 March 2020, 11:20 WIB

Tim Tanggap Covid-19 DKI Sebut 145 Orang Masih Dalam Pemantauan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

ASISTEN Sekda Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Catur Laswanto memberikan perkembangan soal laporan Tim Tanggap Covid-19. Ia mengungkapkan 121 orang sudah dinyatakan selesai dalam pemantauan terkait virus korona.

"Artinya, mereka sudah sehat sepenuhnya. Lalu 145 orang masih dalam pantauan. Kemudian dalam pengawasan 34 orang sudah pulang dalam kondisi sehat dan 30 orang masih dirawat," kata Catur di Gedung Balai Kota Jakarta, Kamis (5/4).

Catur menegaskan pemahaman warga yang sedang dipantau dan dilakukan pengawasan, jangan dimaknai bahwa dia positif virus korona. Pasalnya, yang bisa memberikan diagnosa tersebut ialah Kementerian Kesehatan.

"Kami itu melaksanakan tugas Pemprov DKI Jakarta di dalam rangka mendeteksi," kata Catur.

Baca juga: PSI Kecam PD Pasar Jaya yang Jual Masker Rp300 Ribu

Oleh karenanya, imbuhnya, organisasi perangkat daerah telah mengeluarkan surat edaran untuk jajaran-jajarannya sesuai Instruksi Gubernur Nomor 16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19).

"Misalnya, di Dinas Perhubungan juga dalam surat edaran tentang peningkatan kewaspadaan risiko penularan Covid-19 pada angkutan umum secara substansi menyebut telah menyediakan hand sanitizer, kemudian juga untuk bagaimana mengantisipasi kalau misalnya batuk, serta penggunaan master," tandas Catur.

Sebelumnya, laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, per Rabu (4/3) lalu, mengatakan sebanyak 120 orang masih dalam pemantauan. Kemudian, 30 orang pasien dalam pengawasan sudah pulang dalam kondisi sehat dan 26 pasien dalam pengawasan masih dirawat.

Dinkes mengimbau masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut terkait Covid-19 dapat menghubungi 112/119 atau Posko Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di nomor 081388376955. (OL-1)

BERITA TERKAIT