05 March 2020, 09:33 WIB

Mundur dari Persaingan, Bloomberg Beri Dukungan untuk Biden


Nur Aivanni | Internasional

KONGLOMERAT media massa Amerika Serikat (AS) Michael Bloomberg, Rabu (4/3), mengundurkan diri dari pemilihan calon presiden AS dari Partai Demokrat dan menyatakan dukungannya untuk Joe Biden.

Miliarder itu sebelumnya berharap meraup banyak dukungan di Super Tuesday namun malah gagal meraih kemenangan di 14 negara yang melakukan pemilihan.

Alasan kegagalan Bloomberg? Minimnya karisma, performa buruk saat debat, kontorversi kebijalan 'stop and frisk' saat dia menjabat Wali Kota New York, serta tudingan dia berusaha membeli suara.

Baca juga: Biden Raih Kemenangan dalam Super Tuesday

Hal itu membuat Bloomberg memutuskan mengundurkan diri.

"Tiga bulan lalu, saya ambil bagian dalam persaingan di Partai Demokrat untuk mengalahkan Donald Trump," ungkap Bloomberg dalam sebuah keterangan resmi.

"Hari ini, saya mundur dengan alasan yang sama, untuk mengalahkan Donald Trump. Jika saya bertahan, tujuan itu akan semakin sulit dicapai."

"Mengalahkan Donald Trump diawali dengan bersatu di belakang kandidat yang paling mungkin melakukannya. Kandidat itu adalah sahabat saya dan warga AS yang hebat, Joe Biden," imbuhnya. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT