05 March 2020, 10:45 WIB

Ahok dan Tumiyana Dianggap Paling Tepat Pimpin Ibu Kota Baru


Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum

DARI empat nama yang disebut Presiden Joko Widodo untuk memimpin Ibu Kota Baru, nama Ahok dan Tumiya dianggap paling tepat.

"Dari empat nama kandidat yang memimpin ibu kota baru, menurut saya, yang paling pas ada dua yaitu Ahok dan Tumiyana," ungkap Politisi Demokrat Ferdinand Hutahaean di Jakarta, Kamis (5/4).

Menurut Ferdinand, karakter kepemimpinan Ahok sudah teruji baik di level korporasi maupun pemerintahan.

"Beliau seorang eksekutor, tegas tanpa kompromi. Tentu pas untuk suatu pekerjaan dan tanggung jawab besar serta strategis apalagi nilai proyek sangat besar, triliunan rupiah. Tentu butuh sosok seperti Ahok," jelas Ferdinand.

Baca juga: Calon dari Parpol Lebih Meyakinkan

Sama halnya Tumiyana, meski dianggap cenderung kompromistis, dia dianggap punya pengalaman sangat banyak didukung kapasitas yang memadai.

"Tumiyana punya pengalaman dan kapasitas hanya saja kompromistis," ungkap Ferdinand.

Dia yakin Presiden Jokowi bisa menentukan orang yang sungguh-sungguh tepat dari nama-nama yang ada.

"Ini pekerjaan besar. Tentu presiden sudah menimbang masak-masak agar bisa berhasil sehingga diberikan betul pada orang yang memang tepat," pungkasnya.

Presiden Jokowi menyebut kalau saat ini sudah ada empat calon kandidat pemimpin ibu kota baru. Salah satu kandidat pemimpin ibu kota baru yaitu Basuki Tjahaja Purnama (BTP atau Ahok).

Berbeda dengan daerah lain, ibu kota baru akan dikelola khusus oleh sebuah badan otorita. Pemimpin otorita ditunjuk dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Selain Ahok dan Tumiyana, dua calon pemimpin ibu kota baru lainnya yakni Menristek Bambang Brodjonegoro dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (OL-1)

BERITA TERKAIT