05 March 2020, 08:48 WIB

California Nyatakan Keadaan Darurat Wabah Virus Korona


Nur Aivanni | Internasional

NEGARA Bagian California, Amerika Serikat (AS) telah menyatakan keadaan darurat setelah mengumumkan kematian virus korona pertama mereka. Kematian itu menjadikan angka kematian di AS dari penyakit itu menjadi 11 orang.

Dikutip dari BBC, Kamis (5/3), korban tewas adalah seorang pria berusia 71 tahun. Dia meninggal di sebuah rumah sakit di dekat Sacramento karena memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya dan berada di kapal pesiar.

Sekarang ada setidaknya 150 pasien di AS yang dilaporkan positif Covid-19 di 16 negara bagian.

Pihak berwenang telah mengonfirmasi lebih dari 92.000 kasus virus di seluruh dunia, dengan lebih dari 80.000 berada di Tiongkok. Dan lebih dari 3.000 orang telah meninggal dunia, sebagian besar di Tiongkok.

Baca juga: Sekolah dan Universitas di Italia Tutup karena Virus Korona

Sepuluh dari 11 kematian AS berada di negara bagian Washington, tetapi wabah itu juga meluas ke Texas dan Nebraska.

Washington dan Florida keduanya menyatakan keadaan darurat selama akhir pekan untuk membantu mencegah penyebaran virus korona.

Pria California yang meninggal diyakini telah terkena penyakit saat bepergian bulan lalu di kapal Princess Cruise yang berangkat dari San Francisco dan mengunjungi Meksiko.

Kapal itu telah diperintahkan untuk kembali ke pelabuhan di San Francisco. Kapal itu dioperasikan Carnival, pemilik kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina pada bulan lalu setelah puluhan penumpang dinyatakan positif Covid-19 saat merapat di Jepang. (OL-1)

BERITA TERKAIT