05 March 2020, 08:43 WIB

Sekolah dan Universitas di Italia Tutup karena Virus Korona


Whisnu Mardiansyah, Nur Aivani | Internasional

PEMERINTAH Italia memutuskan menutup semua sekolah dan universitas mengantisipasi penyebaran virus korona meluas. Pasalnya, angka kematian pasien positif virus korona di Italia sudah mencapai 107 orang.

Seperti dilansir CNN International, penutupan dimulai pada Kamis (5/3) hingga Minggu (15/3). Keputusan itu disampaikan langsung oleh Perdana Manteri Italia Giuseppe Conte dan Menteri Pendidikan Lucia Azzolina.

Badan Perlindungan Sipil Italia mencatat ada 3.089 kasus virus korona. Termasuk 107 di antaranya meninggal dan 276 telah pulih.

Beberapa sekolah telah meliburkan siswa sejak Rabu (4/3). Sekolah mengganti kegiatan belajar mengajar langsung dengan sistem pengajaran daring jarak jauh mulai Jumat (6/3).

Baca juga: Korban Tewas Akibat Virus Korona di Italia Tembus Angka 100

Kementerian Pendidikan Italia meluncurkan laman daring dengan informasi tentang mekanisme menghadapi kemungkinan wabah virus korona di sekolah.

Kementerian kini fokus pada pembelajaran jarak jauh. Kurang lebih ada 2 ribu guru berpartisipasi dengan sistem belajar daring.

Otoritas kesehatan Italia sedang mempertimbangkan mendirikan zona merah karantina baru untuk mencoba menahan wabah virus korona Covid-19 itu.

Italia menjadi negara Eropa yang paling parah dilanda wabah ini, setelah korban tewas dan jumlah kasus melonjak.

Korban tewas akibat virus korona saat ini mencapai 3.160 jiwa di seluruh dunia. Adapun mereka yang terinfeksi mencapai 92.844 orang dan warga yang sembuh mencapai 48.229. (OL-1)

BERITA TERKAIT