05 March 2020, 03:30 WIB

Indonesia Unggulan Utama Piala Thomas 2020


(Mal/Ykb/R-1) | Olahraga

INDONESIA menjadi unggulan utama perebutan Piala Thomas 2020 yang akan berlangsung di Aarhus, Denmark, 16-24 Mei mendatang. Jadi unggulan utama, peluang Indonesia untuk merebut Piala Thomas yang pertama sejak 2002 terbuka lebar.

Jepang, runner-up Piala Thomas 2018, menjadi unggulan kedua. Sementara itu, Tiongkok, juara bertahan, menjadi unggulan tiga disusul Denmark di posisi keempat.

"Otomatis sebagai unggulan pertama kita percaya diri. Apalagi, kita sedang dalam komposisi ideal karena punya tiga tunggal andal dan ganda yang berada di 10 besar dunia," kata Sekretaris Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI), Achmad Budiharto.

Di Piala Uber, Indonesia hanya menjadi unggulan lima. Hal ini membuat peluang Greysia Polii dan kawan-kawan untuk bisa melangkah jauh menjaid sulit karena kemungkinan sudah harus bertemu tim kuat di babak penyisihan grup.

Sementara itu, Federasi Bulu Tangkis Inggris menegaskan ajang All England bakal digelar sesuai jadwal, 11-15 Maret, setelah sempat dikhawatirkan bakal batal karena ancaman virus korona baru (covid-19).

Kepala Eksekutif Badminton Inggris, Adrian Christy, mengatakan setelah pihak penyelenggara memantau situasi hingga beberapa hari jelang turnamen, All England diputuskan digelar sesuai jadwal.

"Asosiasi Badminton Inggris terus memantau situasi terkait covid-19. Namun, berdasarkan rekomendasi pemerintah terkini, All England akan tetap digelar di Birmingham Arena, pada 11-15 Maret, sesuai rencana," kata Adrian.

Ditegaskan, pihaknya akan mengambil semua langkah yang dianggap bisa meminimalisasi penyebaran covid-19. "Kami juga akan terus menerapkan sejumlah langkah untuk meminimalisasi potensi risiko penularan virus pada pemain, ofisial, volunteers, dan penonton yang akan hadir dalam turnamen," kata Adrian.

Sementara itu, ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2020 yang seharusnya berlangsung di Wuhan, Tiongkok, dipindahkan ke Manila, Filipina, terkait dengan wabah viorus korona. Kejuaraan yang akan menjadi salah satu ajang pengumpulan poin ke Olimpiade 2020 tersebut akan berlangsung pada 21-26 April mendatang. (Mal/Ykb/R-1)

BERITA TERKAIT