04 March 2020, 22:24 WIB

Hong Kong Laporkan Penularan Virus Korona dari Manusia ke Hewan


Ghani Nurcaahyadi | Internasional

SEEKOR anjing ras pomenaria di Hong Kong dilaporkan positif mengidap virus korona baru (Covid-19) dalam jumlah sedikit. Anjing itu merupakan binatang peliharaan dari seorang pasien virus korona berusia 60 tahun yang kini dirawat di rumah sakit.

Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi (AFCD) Hong Kong menyebutkan, sejak pekan lalu jejak virus korona telah ditemukan pada anjing tersebut, meski paparannya lemah.

"Ini merupakan kasus penularan dari manusia ke hewan," tulis AFCD dalam laporan yang disetujui pakar dari universitas dan badan kesehatan setempat.

Baca juga : Protes Kepanikan Korona, Seorang Pria Panjat Gedung 145 Meter

Meski ada jejak virus korona di anjing tersebut, binatang peliharaan yang kini ada di pusat karantina hewan tersebut tak menunjukkan gejala sakit akibat virus korona.

Otoritas Hong Kong pun memastikan akan terus memantau perkembangan anjing itu dan segera mengembalikannya jika sudah negatif virus korona.

Di Hong Kong sendiri kini tercatat ada 182 kasus virus korona dengan 2 diantaranya meninggal dunia pada awal bulan ini. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT