05 March 2020, 04:40 WIB

PT LIB Pastikan Liga 2020 Tetap Berjalan


(Faj/R-1) | Sepak Bola

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menegaskan kompetisi liga tahun ini akan tetap berlangsung walau virus korona telah masuk Indonesia. Sebagai operator liga, PT LIB akan mengikuti arahan pemerintah terkait dengan pelaksanaan kompetisi di tengah kekhawatiran mewabahnya korona.

"Kita tunggu putusan dari pemerintah. Kalau sudah ada putusan untuk menghentikan kompetisi, kami akan mengikutinya. Selagi belum ada, liga tetap berjalan," ungkap Direktur PT LIB, Cucu Somantri, di Jakarta, kemarin.

Terkait dengan penundaan laga Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya yang sedianya berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 7 Maret mendatang, Cucu mengatakan hal itu disebabkan adanya pelarangan keramaian oleh Gubernur DKI Anies Baswedan imbas adanya virus korona.

"Tidak dikeluarkan izin keramaian, laga Persija lawan Persebaya yang seyogianya tanggal 7 Maret ditunda. Kita tunda sampai dengan jadwal yang kita atur kemudian," kata Cucu.

Direktur Olahraga Persija Ferry Paulus merasa tidak dirugikan dengan penundaan laga ini. Menurutnya, ini merupakan keputusan yang harus diterima semua pihak.

"Kalau dari sisi kesiapan kami siap bertanding, tapi karena keputusan ini kolegial dari klub, jadi kita ambil keputusan yang dari dua sisi. Kalau klub program profesional tidak boleh bicara untung rugi," kata Ferry.

Di sisi lain, pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso akan mengubah program latihan terkait dengan penundaan laga melawan Persija. Yang pasti, jelas Aji, pihaknya menghormati keputusan penundaan pertandingan tersebut. "Saya dan Persebaya mengikuti aturan. Kalau main kami siap. Ditunda kami ikuti. Terpenting tim dalam kondisi siap bermain kapan saja dan kondisi anak-anak juga bagus semua," kata Aji.

Lebih jauh, Aji mengatakan penundaan laga kontra Persija tak menguntungkan timnya. Ia menyebut skuad Persebaya sudah melakukan persiapan untuk menghadapi pertandingan itu. "Kami ingin cepat-cepat main. Kami sudah fokus persiapan bagus, kami mempersiapkan tim ketika melawan Persija peak performance akhirnya kami ubah programnya," ujarnya. (Faj/R-1)

BERITA TERKAIT