04 March 2020, 21:55 WIB

RS Di Pulau Galang untuk Tampung WNI dari Negara Pandemi Korona


Atalya Puspa | Humaniora

PEMERINTAH berencana untuk membangun rumah sakit khusus penderita infeksi, khususnya Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, pembangunan Rumah Sakit tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi diberlakukannya lockdown (penutupan) di negara-negara luar akibat pandemi Covid-19.

Nantinya, WNI yang dievakuasi dari negara pandemi Covid-19 itu akan ditempatkan di RS tersebut.

"Kita harus antisipasi bahwa kalau-kalau nanti beberapa negara melakukan lock down, maka kita harus menjemput dan nampung WNI dari sana," kata Yurianto di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan, Rabu (4/3).

Baca juga : RS Khusus Korona di Pulang Galang Bakal Rampung Satu Bulan

"Ini skenarionya. Artinya belum terjadi. Kita baru milih-milih tempat kalau-kalau beberapa negara melalukan lock down. Kita harap gak ada. Karena WNI kita ada di beberapa negara dengan kasus Covid-19 yang besar," imbuhnya.

Adapun, Pulau Galang merupakan tempat bekas penampungan pengungsi konflik Vietnam. Dalam pulau tersebut masih ada sejumlah bangunan yang menjadi aset negara yang dapat digunakan.

Namum begitu, Yurianto belum bisa memastikan kapan RS tersebut mulai dibangun dan beroperasi.

"Pulau Galang sedang ditinjau dan belum bicara kapan dibangun. Ini masih jadi alternatif yang disiapkan. Kaitannya memutuskan pasti akan jadi kewenangan koordinasid dengan daerah. Jadi kita akan katakan masih jadi bagian yang ditinjau," tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT