04 March 2020, 21:41 WIB

Kemenkop UKM Gandeng PT HEBAT Untuk Kerek UMKM


Despian Nurhidayat | Ekonomi

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggandeng PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT) milik Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo, untuk mendorong UMKM nasional naik kelas.

Salah satu kegiatan yang akan dilakukan Kemenkop UKM bersama HEBAT adalah mengadakan kompetisi UMKM untuk menjaring UMKM yang berpotensi tumbuh besar di masa mendatang. HEBAT sendiri menjanjikan biaya pendampingan bagi pemenang kompetisi senilai US$100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengapresiasi langkah HEBAT dalam rangka mendorong UMKM naik kelas. Menurutnya program-program yang dikerjakan oleh HEBAT sejalan dan sevisi dengan program pemerintah. Pasalnya HEBAT sendiri sudah melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM di berbagai wilayah di Indonesia untuk meningkatkan omset dan bisnis mereka.

"Bahkan HEBAT telah melakukan coaching clinic bagi pelaku UMKM sehingga permasalahan bisnis yang dihadapi pelaku usaha terpecahkan," ungkapnya di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Rabu (4/3).

Lebih lanjut, Teten mengaku bahwa langkah PT HEBAT sesuai dengan program-program di Kemenkop dan UKM. Untuk itu kolaborasi yang dibangun antara keduanya diharapkan bisa lebih mengakselerasi UMKM naik kelas. Dia berharap akan semakin banyak pihak swasta ataupun investor yang tertarik bergabung dengan program peningkatan dan pemberdayaan UMKM nasional.

"Kolaborasi ini penting karena pemerintah nggak bisa kerja sendiri untuk menaikkkan kelas UMKM. Kita harus berpartner karena ada lebih dari 63 juta pelaku UMKM yang perlu diurus pemerintah. Nah itu butuh kerja sama dengan banyak pihak yang memang punya visi misi yang sama dengan kita," lanjutnya.

Di tempat yang sama, CMO PT HEBAT, Ansari Kadir, menambahkan bahwa penjaringan UMKM potensial sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak awal tahun ini. Namun demi memasifkan program tersebut pihaknya meminta dukungan Kemenkop dan UKM.

Ari, sapaan akrab Ansari Kadir, mengatakan pihaknya siap membantu program digitalisaai UMKM yang juga merupakan agenda pemerintah. Menurutnya bisnis era saat ini digitalisasi UMKM mutlak diperlukan untuk menggenjot pemasaran. Dia berharap dengan mentoring, pendampingan hingga coaching clinic, nantinya UMKM nasional dapat tumbuh berkembang bersama. (E-3)

BERITA TERKAIT