04 March 2020, 20:49 WIB

Purwakarta Siapkan Operasi Pasar Bawang Putih


Reza Sunarya | Nusantara

UNTUK mengendalikan lonjakan harga bawang putih di pasaran, Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan (KUPP) Purwakarta,Jawa Barat siapkan Operasi Pasar Murah (OPM).

Kepala Dinas KUPP Purwakarta, Karliati Djuanda mengakui harga bawang putih di Purwakarta masih tinggi. Kenaikan harga terjadi sejak akhir tahun lalu dan hingga Maret tahun ini belum kembali normal.

Karliati menyebut harga bawang putih melonjak menyentuh Rp60 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya hanya Rp28 ribu per kilogram.

"Sekarang harganya mencapai Rp60 ribu per kilogram di pasar tradisional yang ada di Purwakarta," kata Karliati, Rabu (4/3).

Menurutnya, faktor kenaikan harga bawang putih ini karena memang stoknya berkurang di pasar-pasar, sedangkan permintaan bawang putih tetap.

"Berkurangnya stok akibat impor bawang putih yang masuk di antaranya dari Cina yang menjadi pemasok berkurang akibat dampak virus corona ," jelas dia.

Lantaran itu, jelas dia, Pemkab Purwakarta akan menggelar OPM dengan harga terjangkau disejumlah pasar tradisional. Harapannya kenaikan harga bawang putih bisa dikendalikan.

"Kita akan OPM tapi ami masih lihat kondisi di lapangan untuk kepastian tempatnya," janjinya. (OL-13).


Baca juga: http://tangkap-penimbun-bawang-putih

 

BERITA TERKAIT