04 March 2020, 22:00 WIB

Pemprov Babel Apresiasi Polda Melestarikan Budaya Melayu


Antara | Humaniora

PEMERINTAH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi atas kepedulian Polda Babel terhadap upaya pelestarian budaya Melayu Bangka melalui kegiatan lomba berpantun.

"Kami berharap upaya membumikan kembali budaya berpantun bisa ditiru institusi lain maupun masyarakat sehingga kekayaan warisan luhur tersebut bisa terjaga kelestariannya," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto di Pangkalpinang, Rabu (4/3).

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda dan jajaran yang telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik dan sukses melaksanakan lomba berpantun. "Polda Babel pionir pertama lomba berpantun, ini bisa dijadikan contoh oleh lembaga dan masyarakat di seluruh kabupaten dan kota agar nanti dalam mengisi kegiatan hari besar nasional dan keagamaan bisa disisipkan lomba sejenis," ujarnya.

Ia menjelaskan berpantun merupakan budaya Melayu yang harus dilestarikan karena di dalam syair pantun tersebut terselip nilai kearifan lokal maupun nasihat yang bisa dijadikan pegangan dalam menjalani hidup sehari-hari.

Nilai yang terkandung dalam syair pantun biasanya masih cukup relevan untuk diterapkan dalam hidup saat ini, namun karena terdesak budaya modern, budaya lokal semakin tergeser di Negeri Serumpun Sebalai. (OL-12)

BERITA TERKAIT