05 March 2020, 00:05 WIB

Biden Raih Kemenangan dalam Super Tuesday


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

BAKAL calon presiden Partai Demokrat, Joe Biden, secara mengejutkan mendapat keunggulan dalam Super Tuesday, Selasa (3/3). Dari 14 negara bagian yang berpartisipasi, Biden unggul di delapan negara bagian, di antaranya, Alabama, Arkansas, dan Massachusetts.

Kemudian Minnesota, North Carolina, Oklahoma, Tennessee, dan Virginia menjadi milik mantan Wakil Presiden AS periode 2009 sampai 2017 itu. Kemudian dalam pemilihan di Texas, Joe Biden diprediksi bakal merengkuh kemenangan di negara bagian yang menyediakan 228 delegasi.

Texas adalah wilayah dengan delegasi terbesar kedua setelah California di Super Tuesday, di mana exit polls menjagokan Bernie Sanders. Fox News memprediksi politisi dari sayap kiri itu bakal menggamit California, wilayah yang menyediakan 415 delegasi.

Bagi Biden, kemenangan dalam pemilihan terakhir sebelum Konvensi Nasional Partai Demokrat pada 13-16 Juli merupakan momentum manis. Sebab pada awal 2020, performanya begitu mengecewakan dengan tidak menjadi pemenang dalam tiga kaukus maupun primary awal.

Kepada para pendukungnya di Los Angeles, Rabu (4/3), Biden mengatakan peluangnya kini makin terbuka.

“Bagi mereka yang pernah kalah, dianggap sudah tersisih atau dipinggirkan, kini adalah keberhasilan yang kalian nikmati,” katanya.

“Ini adalah malam yang indah dan mungkin akan menjadi lebih baik lagi. Mereka menyebutnya Super Tuesday bukan tanpa alasan,” tegasnya.

Di Kaukus Iowa, mantan Senator Delaware tersebut terlempar dari tiga besar di belakang Pete Buttigieg, Bernie Sanders, dan Elizabeth Warren.
Performanya makin memburuk di primary New Hampshire dengan finis di posisi kelima, sebelum lolos di peringkat dua dalam Kaukus Nevada.

Biden baru mendapatkan momentum setelah dalam primary South Carolina, dia unggul hampir dua kali lipat dari Sanders pada 29 Februari.


Didukung pesaing

Didukung oleh dukungan pada menit-menit terakhir dari mantan saingannya yang keluar dari perlombaan, Biden berharap untuk menumpulkan momentum Sanders, yang merupakan kandidat terdepan secara nasional pada malam pemungutan suara.

Biden tampaknya telah menang secara meyakinkan di antara pemilih di pinggiran kota yang menurut sejumlah jajak pendapat berpaling dari Presiden Donald Trump.

Virginia dan North Carolina sangat penting karena dua negara bagian ini adalah swing state dalam pemilihan 2020.

Sanders berharap meraih hasil bagus di Golden State, sebuah negara bagian dengan pemilih liberal yang besar, sementara data jajak pendapat menunjukkan dia memena-ngi 45% suara Hispanik di Texas, berbanding 24% untuk Biden.

Sanders tetap menyuarakan keyakinannya terkait peluang untuk memenangkan nominasi Partai Demokrat untuk menantang Donald Trump.

“Malam ini, saya katakan kepada Anda dengan penuh keyakinan, kami akan memenangkan nominasi Demokrat,” kata Sanders kepada pendukungnya yang bersorak pada Selasa (3/3) di Vermont, Rabu (4/3).

“Anda tidak bisa mengalahkan Trump dengan politik lama yang sama,” kata Sanders.(BBC/Channel News Asia/Nur/I-1)

BERITA TERKAIT