04 March 2020, 19:27 WIB

Fokus Layani Pasien Rujukan, RSHS Bandung belum Layani Cek Korona


Thomas Harming Suwarta | Nusantara

RUMAH Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, tidak memiliki layanan pemeriksaan awal terkait status terkena virus korona. RS ini hanya menangani pasien rujukan dari rumah sakit lain untuk pasien yang sudah terindikasi terjangkit virus korona.

"Kami belum melayani pengecekan untuk mengetahui status seseorang terkena virus korona atau tidak. Kami fokus untuk menerima rujukan saja atau penanganan lanjitan bagi yang sudah terindikasi," kata staf bagian informasi RS Hasan Sadikin Bandung Yanuar melalui sambungan telepon, Rabu (4/3).

Adapun RS Persahabatan Jakarta yang selain melayani rujukan juga menerima layanan pengecekan kesehatan untuk mengetahui status terkena virus korona.

Baca juga: Pemerintah Bakal Tambah 32 RS Rujukan Penyakit Infeksi

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Pulogadung, Jakarta Timur, mencatat sebanyak 119 orang sehat melakukan cek kesehatan karena panik khawatir tertular virus korona (covid-19) sejak Senin (2/3).

Baca juga: Ini 3 RS Rujukan di Jakarta Bagi Terduga Terinfeksi Virus Korona

"Masyarakat mulai khawatir terutama mereka yang orang-orang kantoran di Jakarta. Terhitung sampai siang ini sudah 119 orang sehat yang mengecek kesehatannya," kata Dirut RSUP Persahabatan Rita Rogayah seperti dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan, sejumlah manajemen perkantoran di Jakarta meminta pegawainya mengecek kesehatan ke sejumlah rumah sakit, salah satunya RSUP Persahabatan, sebagai layanan rujukan pasien korona.

Baca juga: 100 RS Rujukan Corona

Pemerintah telah menunjuk lebih dari 100 RS rujukan untuk menangani pasien yang diduga terjangkit virus korona di seluruh Tanah Air. (X-15)


 

BERITA TERKAIT