04 March 2020, 20:00 WIB

Imbas Korona, PT LIB Tunda Laga Persija vs Persebaya


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

DUEL sarat gengsi antara Persija melawan Persebaya pada pekan kedua Liga 1, Sabtu (7/3) resmi ditunda. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai penyelenggara Liga 1 memutuskan menunda laga tersebut karena adanya pelarangan keramaian oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai imbas adanya virus Korona.

"Dengan adanya surat dari Pemprov tidak dikeluarkan izin keramaian, laga yang Persija lawan Persebaya yang seyogyanya tanggal 7 Maret ditunda. Kita tunda sampai dengan jadwal yang kita atur kemudian," kata Direktur PT LIB, Cucu Somantri, ketika ditemui di Hotel Four Points, Jakarta, Rabu (4/3).

Baca juga: Liga 1 Sanggup Penuhi Tuntutan BOPI

Cucu membeberkan alasan kenapa laga itu ditunda. Padahal ada langkah lain yang bisa ditempuh, seperti menggelar laga tanpa penonton. Ia mengatakan laga big match antara kedua klub bersejarah di Indonesia itu seharusnya dipenuhi penonton.

"Kita kan tak jalan sendiri, harus simultan lah. Daripada tidak ada penonton hambar semua, jadi kita harus sejalan," kata Cucu.

Sementara itu, Direktur Olahraga Persija Ferry Paulus mengatakan awalnya laga akan digelar di kandang Persebaya. Namun, dengan berbagai pertimbangan akhirnya sepakat laga ditunda.

Ferry mengaku tidak merasa dirugikan dengan penundaan laga tersebut. Menurutnya, ini adalah keputusan yang harus diterima semua pihak.

"Kalau dari sisi kesiapan kami siap bertanding, tapi karena keputusan ini kolegial dari llub, jadi kita ambil keputusan yang dari dua sisi. Kalau klub program profesional tidak boleh bicara untung rugi," kata Ferry. (Faj/A-1)

BERITA TERKAIT