04 March 2020, 18:53 WIB

Kominfo Pastikan tidak Take Down Foto Tara Basro tanpa Busana


Henri Siagian | Humaniora

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika menyatakan foto artis Andi Mutiara Pertiwi Basro atau Tara Basro tanpa mengenakan busana yang sempat diunggah di media sosial (medsos) memenuhi unsur pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Akan tetapi, Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu memastikan foto Tara Basro tanpa mengenakan busana yang sempat muncul di medsos bukan diturunkan oleh kementerian.

Baca juga: Tara Basro Ditolak Casting karena tidak Cantik

"Bukan di-take down oleh Kominfo," kata Ferdinandus saat dihubungi Antara, Rabu ()4/3).

Menurut dia, bisa jadi foto itu dilaporkan oleh pengguna medsos lainnya atau dicabut sendiri oleh pemilik akun.

Baca juga: Tara Basro: Gue Cinta Tubuh Gue

Tara Basro mengunggah fotonya di platform media sosial, kemudian membagikan cerita bagaimana dia mencintai dan menghargai tubuhnya sendiri. Unggahan di Twitter tersebut kini sudah tidak bisa diakses.

Menurut dia, unggahan tersebut dihapus oleh Tara Basro bukan oleh Kominfo. Kementerian menghargai langkah menghapus foto tersebut, kendati Kominfo juga memahami maksud sang aktris yang mengajak setiap orang mencintai tubuh sendiri.

Baca juga: Tara Basro: Menjadi Patriot di Media Sosial

Kementerian menilai unggahan yang sudah dihapus tersebut memenuhi unsur pelanggaran UU ITE terutama pasal 27 ayat 1 tentang kesusilaan.

Tara Basro juga mengunggah foto lain di platform Instagram, juga untuk mengajak untuk menghargai tubuh sendiri. Foto tersebut menurut Kominfo tidak tergolong pelanggaran.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Tara Basro (@tarabasro) on

Dalam sebuah wawancara, Tara mengaku pernah ditolak untuk bermain film karena belum mewakili perempuan cantik. (X-15)

BERITA TERKAIT