04 March 2020, 18:39 WIB

PAN Pertanyakan Sikap PKS Tolak Pansus Banjir


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANGGOTA Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Zita Anjani mempertanyakan sikap Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang baru-baru ini memprotes pembentukan panitia khusus (pansus) banjir karena menganggap agenda pembentukan pansus di luar jadwal rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI.

Zita yang juga menjabat sebagai wakil ketua DPRD DKI itu menyebut tujuan dibentuknya pansus adalah untuk menyelidiki penyebab banjir dan untuk memberikan rekomendasi bagi perbaikan kinerja Pemprov DKI.

Baca juga: Panlih tidak Libatkan KPK dalam Pemilihan Wagub DKI

"Jadi kalau mereka menolak justru jadi pertanyaan. Kenapa gitu? Ada apa? Padahal maksud kita kan baik," terang Zita saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (4/3).

Zita pun membantah Bamus hanya bisa membahas sesuatu agenda yang dijadwalkan. Menurutnya, DPRD bisa membahas apapun usulan dari anggota dewan asal tidak keluar dari tupoksi DPRD.

"Aturan apa yang dibahas dalam bamus itu tidak saklek. Jadi anggota itu boleh mengusulkan apapun untuk dibahas walaupun sudah ada jadwalnya. Jadi tidak bisa itu dinilai cacat hukum," tuturnya.

Di sisi lain, menurutnya, PKS tidak menyatakan keberatan atas pembentukan pansus banjir saat rapat Bamus yang berlangsung pada 24 Februari lalu.

"Kalau nggak setuju harusnya mereka sampaikan ya. Tapi setau saya nggak ada tuh yang nggak setuju," tegasnya.

Baca juga: Korona Mewabah, DPRD: Anies Jangan Gengsi Batalkan Formula E

Polemik soal pansus banjir muncul setelah Fraksi PKS mempermasalahkan agenda rapat Bamus pada 24 Februari yang turut membahas pembentukan pansus banjir. Padahal dalam jadwal, rapat itu hanya membahas Jadwal Kunjungan Kerja Alat Kelengkapan Dewan dan Jadwal Penyebarluasan Sosialiasi Peraturan Daerah di bulan Maret 2020.

Anggota Fraksi PKS Ahmad Yani pun menegaskan PKS akan menunda mengirimkan perwakilan untuk menjadi anggota pansus banjir bila pembentukan pansus banjir tidak dibahas dalam rapat. (OL-6)

BERITA TERKAIT