04 March 2020, 16:22 WIB

Soal Harlah NU, Pemuda Muhammadiyah Sebut Ada Oknum Mau Adu Domba


Furqon Ulya Himawan | Nusantara

KETUA Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, menyebut ada oknum yang ingin mengadu domba antara NU dan Muhammadiyah serta tidak ingin melihat kedua ormas besar di Indonesia ini bergandengan tangan dan saling rukun.

"Ada yang senang kalau Ansor dan pemuda Muhamamdiyah berperang," kata Sunanto saat dihubungi melalu telepon, Rabu (4/3).

Baca juga: Batik Ciprat Karya Kaum Disabilitas Jadi Seragam Pejabat Kemensos

Menurut Sunanto, ada yang tidak suka dengan situasi keakraban antara Pemuda Ansor dengan Pemuda Muhammadiyah dan mencoba membenturkannya lewat momentum pelaksanaan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-94 yang gagal dilaksanakan di Masjid Gede Kauman Yogyakarta. "Saya biasa ngopi dan bercanda gurau. Jadi situasi yang akrab ini ada yang tidak suka," tandasnya.

Sunanto juga mengaku telah meminta pihak Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY untuk menjaga langkah toleransi dan menjaga hubungan silaturahmi.

"Sekarang saatnya membangun Indonesia yang damai dan toleran. Itu prinsip yang tidak boleh dilanggar," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Harlah NU ke-94 akan diselenggarakan di Masjid Gede Kauman Yogyakarta, Kamis (5/3) besok. Namun, ada kelompok masyarakat yang mengisyaratkan keberatan atas rencana tersebut. Demi keamanan, kenyaman dan keharmonisan masyarakat, acara Harlah NU dipindahkan ke kompleks Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta. (OL-6)

BERITA TERKAIT