04 March 2020, 15:28 WIB

Menipisnya Alis bisa jadi ada Masalah dengan Kesehatan


Fetry Wuryasti | Weekend

COBA iseng-iseng berkaca dan perhatikan alis Anda. Jika ketebalannya mulai menipis, bisa jadi ada masalah dengan kesehatan Anda. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena penipisan alis juga bisa jadi karena faktor usia.

Menurut Dr Sejal Shah, dokter kulit dari American Academy of Dermatology, seiring bertambahnya usia, folikel rambut di kulit kepala Anda akan lebih tipis dan lebih halus, begitu juga dengan folikel di atas mata.

Ketika menua, alis tumbuh aktif selama tiga hingga empat bulan, diikuti oleh fase istirahat, setelah itu rambut rontok dari kulit. Pada saat yang sama, tubuh Anda mulai mematikan pigmennya, yang berarti bahwa rambut yang dihasilkan tidak akan terlihat begitu gelap. "Alis juga akan mulai terlihat lebih tipis dan lebih jarang," ujarnya seperti dikutip channelnewsasia.com, Rabu (4/3).

Namun menipisnya alis juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, seperti kondisi kulit yang bermasalah.

Seperti dikutip Medical News Today, rambut yang sehat membutuhkan kulit yang sehat untuk tumbuh, dan jika daerah yang terkena menjadi merah dan bersisik, itu bisa menjadi tanda eksim, psoriasis atau bentuk lain dari kondisi kulit.

Selain itu, hilangnya rambut alis mungkin lebih menonjol di sepertiga bagian luar alis disebabkan hipotiroidisme (hormon tiroid yang tidak mencukupi).

Hal lain yang juga memungkinan memicu menipisnya alis adalah penyakit autoimun. Sejauh ini, ada beberapa jenis alopecia, menurut Healthline, termasuk alopecia areata, yang menyebabkan bintik kebotakan acak; alopecia universalis, yang menyebabkan semua rambut, termasuk alis Anda, sepenuhnya menghilang.

Atau bisa juga karena kekurangan sebum dan vitamin A. Untuk diketahui, sebum memiliki tujuan untuk melembabkan kulit dan membantu rambut tumbuh. Sebuah studi pada 2011 di Science Direct, sebuah platform untuk penelitian peer-review, menemukan bahwa kekurangan vitamin A dapat menghambat produksi sebum, yang sangat penting untuk melembabkan rambut dan meningkatkan pertumbuhannya. (M-4)

BERITA TERKAIT