04 March 2020, 14:55 WIB

Jangan Mudah Percaya  Berita Covid-19 di Medsos


Selamat Saragih | Humaniora

VIRUS korona (Covid-19) telah menyebar ke berbagai penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Sayangnya, banyak berita hoaks tersebar di berbagai media sosial terkait virus tersebut.

Anggota Dewan Kehormatan partai Hanura Gerry Hukubun merasa miris atas penyebaran berita hoaks yang tersebar di berbagai media social (medsos).

“Telah beredar foto dua orang korban yang dinyatakan positif virus korona atau disebut juga covid-19 dan itu tersebar di media sosial,” kata Gerry Hukubun, kepada wartawan, Rabu (4/3)

Pengamat  ekonomi politik dan diplomasi luar negeri ini menilai, pemerintah harus lebih sigap mengatasi berita-berita hoaks di medsos.

“Saya mengecam keras pemerintah Indonesia dan menteri terkait karena tidak bisa menjaga privasi dari dua suspect korona.  Malah dengan mudahnya semua orang menyebarkan foto dari kedua orang tersebut. Sungguh miris melihat hal ini,” tambahnya.

Pasalnya, kata Gerry, penyebaran foto-foto tersebut akan berdampak psikologi buat korban dan keluarganya sangat besar.

“Pemerintah harus gerak cepat menertibkan akun-akun di media sosial yang diduga kerap menyebar hoaks,” tegas Gerry. (OL-13)

BERITA TERKAIT