04 March 2020, 14:12 WIB

Diundurnya Pelaksanaan Olimpiade 2020 bisa Berdampak ke PON Papua


Akmal Fauzi | Olahraga

WACANA diundurnya pelaksanaan Olimpiade 2020 hingga akhir tahun akan berpengaruh terhadap penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua yang berlangsung 20 Oktober nanti.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengatakan, jika Olimpiade 2020 Tokyo diputuskan diundur bersamaan dengan penyelenggaraan PON akan ada penyesuaian khususnya untuk para atlet.

"Kami simulasikan kemungkinan kalau Olimpiade itu berbarengan dengan PON Papua. Misalnya atlet nasional yang akan berlaga di Olimpiade itu mereka prioritaskan ikut Olimpiade," kata Marciano saat dihubungi, Rabu (4/3).

KONI, kata dia, akan terus berkoordinasi dengan federasi cabang olahraga di Indonesia dan KONI di daerah ihwal dampak virus korona yang bisa mengganggu kejuaraan termasuk PON.

"Kami juga akan koordinasi dengan Kemenpora dan juga Kementerian Kesehatan. Apapun yang jadi saran Kementerian Kesehatan yang akan kami jadikan rujukan," kata Marciano.

Untuk diketahui, Jadwal pelaksanaan Olimpiade 2020 yang rencananya digelar pada Juli-Agustus di Jepang dimungkinkan diundur hingga akhir tahun. Langkah itu menjadi solusi pemerintah Jepang jika ajang empat tahunan itu tidak bisa dilangsungkan sesuao jadwal karena wabah virus korona. (Mal/OL-09)

BERITA TERKAIT