04 March 2020, 13:52 WIB

Stok Beras Aman, Erick Thohir Minta Masyarakat Tetap Tenang


Faustinus Nua | Ekonomi

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan stok persediaan beras nasional aman menyusul kabar panic buying di masyarakat akibat virus korona. 

Untuk itu dia meminta masyarakat tetap tenang dan tak perlu panik. Dalam kondisi saat ini stok beras tetap aman dan bahkan cukup untuk kebutuhan lebaran nanti.

Baca juga: Penutupan Sesi 1, Indeks Lompat 105,9 Poin

"Kan memang pasti adanya korona dan menuju lebaran pasti masyarakat mempertanyakan bagaimana kesiapan pemerintah. Komponen pemerintah banyak, ada bulog dan lainnya. Kita ingin memastikan bahwa stok beras aman, baik untuk saat ini kita menghadapi korona atau lebaran," ungkap Erick usai meninjau Gudang Bulog, Jakarta, Rabu (4/3).

Dijelaskannya, saat ini stok beras di gudang Bulog seluruh Indonesia mencapai 1,65 juta ton. Stok itu, lanjutnya, akan bertambah seiring Bulog yang akan menyerap gabah petani pada musim panen nanti.

"Apalagi rencana panen raya agak maju, ini mudah-mudahan angkanya stabil. Yang ini ditambah, yang itu Insya Allah aman," imbuhnya.

Erick menambahkan bahwa pemerintah, melalui Kementerian BUMN, akan memperbaiki distribusi beras nasional. Hal itu guna memenuhi kebutuhan beras di sejumlah daerah apabila mengalami kekurangan stok beras.

"Kita ingin masyarakat jelas kondisi kita aman, pemerintah hadir. Ada korona virus kita bersatu, nggak heboh-heboh, ada jalan keluar. Mengenai distribusi kita akan perbaiki," tutupnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT