04 March 2020, 13:41 WIB

Athletic Bilbao Berambisi Raih Tiket Final Copa Del Rey


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

STADION Los Carmenes akan menjadi saksi siapa yang sanggup menjadi pemenang antara Granada melawan Athletic Bilbao pada laga leg kedua semifinal Copa Del Rey, pada Jumat (6/3).

Di leg pertama, Bilbao unggul tipis 1-0 saat bermain di kandangnya San Mames melalui gol Iker Muniain di menit ke-41.

Keunggulan tersebut membawa rasa optimistis yang tinggi bagi tim asuhan Gaizka Garitano untuk bisa melenggang mulus ke partai final.

Pasalnya, Bilbao selalu gagal meraih gelar juara Copa del Rey sejak musim 1983/1984. Namun musim ini anak asuh Gaizka Garitano telah menunjukkan kepantasan mereka menjadi kandidat terkuat juara.

Tiga tim lainnya yang bersaing memperebutkan partai final, merupakan tim yang di atas kertas bisa dikalahkan oleh Inigo Cordoba dan kolega, yakni Granada, dan dua semifinalis lainnya Mirandes dan Real Sociedad.

Athletic Bilbao bertandang ke Granada dengan keunggulan satu gol tapi itu benar-benar harus lebih dari itu jika ingin lolos ke partai final.

Apalagi kondisi Bilbao tengah pincang usai gelandang yang selalu masuk tim inti, Dani Garcia diskors. Beruntung Garitano punya sosok pengganti seperti Mikel San Jose, Unai Lopez, Benat Etxebarria atau Oihan Sancet yang siap tampil.

Pelatih Gaizka Garitano sejauh ini telah memasukkan susunan pemain yang kuat di kompetisi dan akan melakukannya lagi demi tempat di final. Hanya Asier Villalibre dan Oscar de Marcos pemain yang tidak tersedia karena cedera.

Di sisi lain, kedua klub kini duduk nyaman di papan tengah La Liga sehingga mereka mampu membuang segalanya untuk pertandingan ini.

Hanya satu gol yang memisahkan mereka di leg pertama dan Granada solid di kandang musim ini. Granada mencatatkan tujuh clean sheet, sedangkan Bilbao telah menghindari kebobolan dalam empat dari tujuh pertandingan terakhir Copa del Rey mereka.

Jadi, laga kemungkinan besar akan seperti pada leg pertama yang berlangsung ketat dan minim gol.

Kapten Bilbao, Iker Muniain menekankan bahwa kondisi timnya sangat baik dengan semua kegembiraan yang dihasilkan Bilbao. “Kami diperkuat setelah memenangkan pertandingan terakhir di San Mamés," jelasnya.

“Kita tidak boleh melihat dan melampaui apa yang akan terjadi di hari Jumat. Sekarang prioritas kita adalah melawan Granada dan tidak lelah memikirkan tentang apa yang bisa terjadi selanjutnya,” tambahnya. (Marca/Ykb/OL-09)

BERITA TERKAIT