04 March 2020, 13:32 WIB

Derby County Versus MU, Laga Spesial Bagi Rooney


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

UPAYA Manchester United (MU) untuk menjadi tim Piala FA yang paling sukses bisa berlanjut jika mampu menghadang Derby County di babak kelima, Stadion iPro, Derby, Inggris, Jumat (6/3).

Tim berjuluk Setan Merah itu telah memenangi kompetisi 12 kali secara total, hanya satu lebih sedikit dari raihan Arsenal. Sensasi menjuarai piala FA datang di era Louis van Gaal pada tahun 2016.

Namun, United tak bisa menganggap enteng kubu tuan rumah. Pasalnya, Derby County adalah tim yang berhasil menjatuhkan Marcus Rashford dan kolega dari Piala Liga musim lalu.

The Rams juga punya modal apik sebelum melaju ke putaran kelima. Pasukan asuhan Phillip Cocu itu telah mengalahkan lawan dari Liga Primer musim ini dengan menjatuhkan Crystal Palace dari Piala FA di babak ketiga.

Apalagi di kubu Derby County terdapat sosok legenda Inggris sekaliber Wayne Rooney. Untuk pertama kalinya sejak meninggalkan Inggris untuk MLS, Rooney akan melawan United, tim yang menghabiskan sebagian besar karirnya dengan kesuksesan besar.

Cocu menuturkan bahwa pengalaman eks penyerang United itu bisa menguntungkan mereka.

Cocu pun menilai Rooney-lah orang yang paling tahu kekuatan dan kelemahan United karena ia adalah pencetak gol top sepanjang masa Setan Merah pada periode 2004-2017.

“Jelas Rooney sangat penting bagi kami dan mungkin lebih termasuk untuk laga kali ini, karena dia paham betul The Red Devils daripada orang lain,” tutur Cocu.

“Dia mengenal betul para pemain United, dia tahu bagaimana level permainan mereka, yang informasi ini diperlukan bagi kami. Hal ini akan sangat penting bagi kami untuk laga hari Jumat nanti,” tambahnya.

Pujian dilontarkan Cocu terhadap peran Rooney yang telah menjadi bagian dalam tim kepelatihannya. Semua informasi yang didapatkan Rooney perihal kekuatan dan kelemahan kubu Setan Merah bakal dianalisa demi mengalahkan mantan klubnya itu.

“Dia bergabung dengan staf teknis dalam persiapan tim untuk pertandingan, untuk menganalisa musuh, untuk memilih cuplikan video laga The Red Devils yang akan kami pelajari,” tutur eks pemain Belanda itu.

Cocu pun selalu meminta pendapat Rooney bukan hanya utuk pertandingan melawan United. Lebih dari itu, ia juga meminta masukkan dari Rooney soal pengetahuannya menganalisis klub-klub lain.

Sosok Rooney memang menjadi andalan Cocu di musim ini. Baru bergabung dengan Derby County pada Januari silam, penyerang berusia 34 tahun itu mengambil alih kapten tim dan selalu berada di starting line-up.

Pertemuan special Rooney dan mantan klubnya tentu patut diwaspadai oleh kubu Ole Gunnar Solskjaer. Bukan tidak mungkin informasi yang Rooney berikan bisa membuat Derby County di atas angin.

Namun, Rooney mengaku pertemuannya dengan United nanti merupakan tantangan besar. Sebab, United dinilai telah berhasil bangkit dari masa-masa sulit sehingga kembali menjadi tim yang moncer akhir-akhir ini.

“United tidak dalam performa terbaiknya pada Januari. Namun mereka mampu bangkit dalam beberapa pekan terakhir,” ujar Rooney.

“Mereka adalah mantan klub saya, tetapi ini merupakan tantangan besar bagi kami di sini melawan tim yang sangat bagus,” tambah sang kapten.

Rooney akan mencoba mengambil peluang dengan tetap menjaga semangat tim dan menganggap pertemuan pada Jumat adalah hari besar bagi klub sepak bolanya. Pertemuan melawan tim sebesar United merupakan tantangan besar yang harus bisa dilampaui Derby jika ingin lolos ke perempat final Piala FA.

United sendiri memang tengah dalam kondisi cukup solid. Pada delapan laga terakhir dari pelbagai kompetisim United belum sekalipun menelan kekalahan. Lima kemenangan berhasil direbut dan tiga lainnya berakhir imbang. (AFP/Ykb/OL-09)

BERITA TERKAIT