04 March 2020, 13:07 WIB

Pemeriksaan Penumpang di Bandara Juanda Diperketat


Heri Susetyo | Nusantara

PETUGAS Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya memperketat pemeriksaan terhadap para penumpang dengan penerbangan luar negeri yang mendarat di Bandara Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Tak hanya menggunakan body thermal scanner untuk memantau suhu tubuh, para penumpang pesawat juga harus mengisi kartu kewaspadaan kesehatan.

Pengetatan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan seperti pada penumpang pesawat Singapore Airlines dan Malaysia Airlines setibanya di Bandara Juanda Kabupaten Sidoarjo. Pengetatan pemeriksaan kesehatan penumpang dan awak pesawat ini dilakukan dengan terus mengaktifkan body thermal scanner.

Alat tersebut secara otomatis akan mencatat suhu penumpang dan awak pesawat yang melewati pintu keluar penerbangan internasional. Alat ini akan mengeluarkan suara apabila ada yang suhu tubuhnya terdeteksi di atas kewajaran. Selain itu petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya juga mewajibkan penumpang pesawat untuk mengisi kartu kewaspadaan kesehatan. Kartu kewaspadaan kesehatan ini untuk membantu penumpang terkait riwayat penerbangan dan laporan kesehatannya.

baca juga: Gubernur Jateng Ultimatum Penimbun Masker

"Apabila penumpang mengalami persoalan kesehatan agar segera melapor ke petugas kesehatan terdekat," kata Kepala KKP Kelas 1 Surabaya dr Budi Hidayat, Rabu (4/3).

Melalui kartu kewaspadaan kesehatan ini, kata Budi, memudahkan petugas melakukan pemantauan terhadap penumpang yang baru terbang dari luar negeri. Pihak kantor KKP Kelas 1 Surabaya juga melibatkan petugas keamanan Bandara Juanda. Bahkan jumlah petugas ditambah menjadi dua kali lipat dibandingkan pada hari biasa. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT