04 March 2020, 12:03 WIB

Biden Segel Serangkaian Kemenangan di Super Tuesday


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

JOE Biden telah memenangi setengah dari 14 negara bagian yang menggelar pemungutan suara untuk memilih kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat pada Super Tuesday, sebuah rebound luar biasa untuk kampanyenya.

Mantan wakil presiden AS era Barack Obama itu telah menyapu kemenangan di Minnesota, Oklahoma, Arkansas, Alabama, Tennessee, North Carolina, dan Virginia.

Sementara senator sayap kiri Bernie Sanders diproyeksikan memenangi Colorado, Utah, dan Vermont.

Keduanya memimpin perlombaan untuk dipilih Demokrat untuk menghadapi Presiden Donald Trump, seorang Republikan, dalam pemilihan November mendatang.

Baca juga: Ramai-Ramai Mendukung Biden

Biden, seorang moderat, dan Sanders, tokoh sayap kiri, menawarkan visi berbeda yang sangat kontras untuk masa depan 'Negeri Paman Sam'.

CBS News, mitra BBC AS, memproyeksikan Massachusetts juga condong ke arah Biden, pukulan berat bagi saingannya dan senator negara bagian itu, Elizabeth Warren.

Disokong oleh dukungan pada menit-menit terakhir dari mantan saingannya yang keluar dari perlombaan, Biden berharap menumpulkan momentum Sanders, yang merupakan kandidat terdepan secara nasional pada malam pemungutan suara.

Data jajak pendapat menunjukkan Biden telah memenangi mayoritas pemilih Afrika-Amerika, sebuah blok penting bagi Partai Demokrat.

Biden juga tampaknya telah menang secara meyakinkan di antara pemilih di pinggiran kota yang menurut sejumlah jajak pendapat berpaling dari Presiden Donald Trump.

Berdasarkan berbagai laporan, Biden memenangi sekitar 53% suara di Virginia, membuat Sanders berada jauh di urutan kedua dengan 23%.

Virginia dan North Carolina sangat penting karena dua negara bagian ini adalah swing state dalam pemilihan 2020.

Semua mata sekarang tertuju pada negara bagian pemungutan suara terbesar California dan yang terbesar kedua, Texas.

Sanders berharap bisa meraih hasil bagus di Golden State, sebuah negara bagian dengan pemilih liberal yang besar, sementara data jajak pendapat menunjukkan dia memenangi 45% suara Hispanik di Texas, berbanding 24% untuk Biden. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT