04 March 2020, 12:30 WIB

De Jong Dinilai Lebih Cocok Bermain di Juventus


Patrick Pinaria | Sepak Bola

MUSIM debut Frenkie de Jong bersama Barcelona berjalan mulus. Buktinya, gelandang asal Belanda tersebut sudah membuat 36 penampilan bersama El Barca di seluruh kompetisi pada musim 2019--2020.

Namun, performa De Jong justru dinilai kurang maksimal bersama Barcelona. Hal itu disampaikan mantan pelatih Barcelona dan Timnas Belanda Louis van Gaal.

Menurutnya, De Jong tidak bermain sesuai posisinya. Terutama sejak Barcelona dilatih Quique Setien yang ditunjuk menggantikan posisi Ernesto Valverde, Januari lalu.

Baca juga: Suarez Optimistis Martinez Bisa Dongkrak Performa Barcelona

"De Jong sampai saat ini dipercaya bermain karena harga yang dibayarkan. Saya yakin akan hal itu. Valverde memang sangat menginginkan De Jong. Tetapi, sekarang ada pelatih baru dan pertanyaannya apakah ia akan terus bermain karena pelatih ini bukan pelatih yang menginginkan De Jong," ujar Van Gaal.

"Ia tidak bermain dalam posisi sebenarnya saat ini. Di Ajax, semua orang melihatnya, ia adalah pusat permainan. Sementara di Barcelona, ia tidak punya peran seperti itu. Sangat berbeda," lanjutnya.

Lebih lanjut, Van Gaal menilai De Jong lebih cocok bergabung dengan Juventus. Menurutnya, El Barca tidak membutuhkan pemain tipikal De Jong, tetapi Matthijs de Ligt.

"Jika satu-satunya klub yang membutuhkan Matthijs de Ligt, itu pasti Barcelona. Melihat adanya Busquets di Barcelona, pemain seperti De Jong seharusnya pergi ke Juventus. Barcelona tidak memiliki pemain seperti de Ligt ketimbang de Jong," tutur Van Gaal. (Goal/OL-1)
 

BERITA TERKAIT