04 March 2020, 08:49 WIB

Bank Dunia Siapkan US$12 Miliar untuk Hadapi Virus Korona


Basuki Eka Purnama | Internasional

BANK Dunia, Selasa (3/3), mengungkapkan paket bantuan senilai US$12 miliar yang diharapkan bisa membantu negara-negara di dunia memerangi wabah virus korona.

"Tujuannya adalah menyediakan aksi yang cepat dan efektif untuk memeunhi kebutuhan negara-negara," ujar Presiden Bank Dunia David Malpass.

Malpass menegaskan sangat penting untuk mengakui adanya beban tambahan yang dihadapi negara miskin yang tidak memiliki peralatan memadai untuk menghadapi virus bernama resmi Covid-19 itu.

Dana yang dialamatkan untuk negara-negara miskin di dunia itu bisa digunakan untuk membeli peralatan medis atau pelayanan medis, temasuk kebijakan yang tepat.

Baca juga: Jumlah Korban Tewas Akibat Virus Korona di AS Jadi Sembilan Orang

Malpass mengatakan dana itu akan diberikan kepada negara yang meminta bantuan.

Bank Dunia disebut telah menjalin komunikasi dengan banyak negara namun Malpass menolak menyebutkan negara mana yang akan menjadi yang pertama menerima dana tersebut.

"Kami ingin memanfaatkan dengan maksimal sumber dana dan keahlian global yang ada di Bank Dunia untuk mengadapi krisis itu," tegasnya sembari menambahkan dana serupa juga digelontorkan kala menghadapi wabah Ebola dan virus Zika, beberapa tahun yang lalu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT