04 March 2020, 08:47 WIB

Ketua DPD NasDem Tinjau Lahan Terbakar


YH/N-3 | Politik dan Hukum

WAKIL Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Basiran Nur Efendi, meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di Bulan Ujung, Kecamat-an Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

"Saya tidak sendiri, turut meninjau lokasi tersebut Bupati Kabupaten Rokan Hilir, Dandim 0321, serta jajaran TNI/Polri," kata Basiran, Minggu (1/2), seperti dikutip dari laman Partainasdem.id.

Menurut Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Rokan Hilir itu, saat ini lahan yang terbakar kurang lebih 3 hektare. "Pelaku pembakaran telah ditangkap dan saat ini dalam proses hukum, ditangani Polsek Bangko," ungkapnya.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran susulan, Basiran mengimbau masyarakat yang memiliki ladang agar tidak membersihkan lahan dengan cara dibakar.

Sementara itu, Wakil Ketua OKK DPW Partai NasDem Provinsi Riau, ZM Pandapotan Sitindaon menyebutkan hal yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hilir tersebut produktif sebab rakyat membutuhkannya.

Pandopotan menambahkan, kebakaran hutan dan lahan berpotensi memiskinkan negara. Pasalnya, dampak kabut asap yang ditimbulkan melumpuhkan banyak sektor.

"Saya ingat pesan Wakil Ketum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali, yang mengajak kita agar melakukan hal-hal yang lebih produktif karena rakyat hari ini membutuhkan dan menunggu apa yang dilakukan mereka (para wakil rakyat)," katanya.

Dia pun mengimbau seluruh anggota DPRD dan kader Partai NasDem se-Provinsi Riau agar terus bekerja untuk rakyat demi restorasi bagi Indonesia maju.

Terpisah, anggota Komisi VIII DPR RI, Lisda Hendrajoni harus masuk dan keluar kampung di Kabupaten Pesisir Selatan untuk menemui warga tidak mampu.

Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan 'Srikandi NasDem' itu bila pulang kampung atau meninjau konstituennya. Setidaknya ada empat rumah warga yang dikunjungi istri Ketua DPW Partai NasDem Sumatra Barat yang juga Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni itu.

Mereka adalah, Nenek Sarimat, 72, dan Mak Junah, 89, warga Tanjung Saba, Nagari Gurun Panjang Selatan, Kecamatan Bayang. Lalu, Reni Yulianti, 48, yang rumahnya terbakar di Kampung Rumah Panjang, Nagari Koto Berapak. (YH/N-3)

BERITA TERKAIT